Disdukcapil Tabalong Dorong Peningkatan Layanan Informasi Adminduk Bagi Kaum Rentan

0

PEMERINTAH Kabupaten Tabalong menggelar rakornis, yang diikuti dari jajaran Disdukcapil, perwakilan Dinas Kesehatan, Puskesmas di 12 kecamatan, Dinas Sosial, RSUD, BPKAD dan Bappeda setempat, pada Selasa (23/07/2024).

DALAM Rakornis yang digelar di Balai Rakyat Dandung Suchrowardi tersebut, Disdukcapil Tabalong mendorong peningkatan pengelolaan informasi administrasi kependudukan (Adminduk) bagi kaum rentan.

Menurut Kepala Disdukcapil Tabalong, Rowi Rawatianice, pengelolaan informasi adminduk bagi kaum rentan, juga melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Tabalong. “Rapat ini penekanannya kepada penduduk kita yang tergolong kaum rentan,” ungkapnya.

BACA: Posko Aduan dan Informasi Disdukcapil Tablong untuk Layanan yang Lebih Baik

Adapun pembahasan terkait layanan ini bagi kaum rentan yang meliputi kelompok disabilitas dan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). “Kelompok disabilitas ini adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental atau sensorik,” katanya.

Ditambahkan Rowi, rakornis ini bertujuan agar pelayanan bagi penduduk rentan bisa berjalan dengan lancar.

Pasalnya masyarakat sudah seharusnya untuk memiliki dokumen kependudukan yang lengkap agar semua layanan dari pemerintah dapat dirasakan. “Sehingga ini juga membantu menyelamatkan mereka yang butuh bantuan pemerintah dalam layanan kesehatan, pendidikan dan lainnya,” ujarnya.

Dirinya pun berharap, hasil rapat tersebut bisa memperoleh kesepakatan bersama antar OPD guna kelancaran pelayanan adminduk bagi kelompok rentan. “Ini akan tertuang dalam berita acara yang ditandatangani oleh perwakilan masing-masing OPD,” harap Rowi.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.