Nihil Siswa Baru, SDN Teluk Dalam 10 Wacanakan Regrouping

0

TAHUN ajaran baru untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) sudah dimulai, namun ternyata masih ada SD yang tidak memiliki murid baru.

INI terjadi di SDN Teluk Dalam 10 Banjarmasin. Dimana, sejak PPDB dibuka hingga perpanjangan pendaftaran 8 Juli kemarin, tak aaa satupun siswa yang mendaftar di sekolah tersebut.

Hal itu pun dibenarkankan oleh Ilham Nur Cahyo, salah seorang guru di SDN Teluk Dalam 10 Banjarmasin. Ia menerangkan hingga saat ini pihaknya tidak memiliki siswa baru di kelas 1.

BACA: Ada 22 SMP Minim Peserta Didik Baru, Disdik Banjarmasin Sebut Akibat Mindset Orangtua Siswa

Ia menduga hal ini terjadi karena pertumbuhan penduduk, khususnya untuk anak-anak di daerah sekitar yang rendah.

Pasalnya, di sekolah sekitar pun seperti SDN Teluk Dalam 9 Banjarmasin dan lainnya, meskipun ada murid yang mendaftar tapi jumlahnya jauh berkurang. “Karena memang tidak ada kelas 1 ini, jadi sementara tidak ada aktivitas di kelas 1,” ucapnya saat ditemui, Selasa (9/7/2024).

Padahal dikatakannya sebagai upaya menarik pendaftar, pihak sekolah telah menawarkan kegiatan di luar belajar akademik. Seperti ekstrakulikuler pramuka, tari, senam dan lainnya. “Namun masih tetap tidak bisa mendapatkan siswa baru,” ungkapnya.

Terkait masalah ini sendiri ia mengaku dari pihak sekolah telah meminta solusi ke Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin. Dan ditanggapi dengan rencana regrouping atau penggabungan antara SDN Teluk Dalam 10 dengan SDN Teluk Dalam 9.

Menanggapi tidak adanya pendaftar di SDN Teluk Dalam 10 Banjarmasin, Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Nuryadi mengaku memang rencana regrouping akan dilakukan dengan SDN Teluk Dalam 9.

BCA JUGA: Dewan Kota Soroti Sistem Zonasi Yang Membuat Sekolah Kekurangan Siswa

Namun pada kenyataannya, di sana ada guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang tidak boleh dipindahtugaskan. “Ini yang akan menjadi masalah kami dalam penyusunan rencana regrouping tersebut,” ujarnya.

Untuk itu saat ini pihaknya masih melakukan kordinasi dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalsel dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Karena seusai dengan perjanjian kerjanya mereka tidak boleh dipindahtugaskan. “Mereka akan mengajar tapi masih menunggu balasan surat dari kementerian,” ungkapnya.

Disinggung terkait sekolah lain, apakah ada yang masih tidak memiliki siswa. Nuryadi mengklaim seluruh SD terkecuali SDN Teluk Dalam 10 Banjarmasin sudah mempunyai siswa baru. “Meskipun memang tidak mencukupi harapan mereka untuk jumlah siswanya,” tuntasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.