Muhlis Paparkan Barito Utara Mampu Hasilkan Capaian Yang Signifikan

0

PENJABAT Bupati Barito Utara, Muhlis bersama Penjabat Sekretaris Daerah dan kepala perangkat daerah lingkup pemkab setempat mengikuti kegiatan evaluasi kinerja Pj Bupati Barito Utara Triwulan III Tahun 2024.

EVALUASI yang dilaksanakan di Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Itjen Kemendagri), tim evaluasi diketuai oleh Brigjen Rustam (Inspektur I Wilayah Kalimantan Tengah). Didukung oleh, Plh Inspektur II, Ikhsan, Demiati (Pengawas Utama), Aswan (Pengawas Utama), Tuminggu (Auditor Ahli Utama), dan Bahtiar (Pengawas Utama), pada Selasa (9/7/2024).

Usai mengikuti evaluasi kinerja, Penjabat Bupati Muhlis mengucapkan rasa syukur karena dimudahkan dalam menyampaikan capaian kinerja dalam evaluasi tersebut. “Alhamdulillah, hari ini kita mengikuti evaluasi kinerja Pj Bupati Barito Utara triwulan ketiga Tahun 2024 di Itjen Kemendagri. Dari pelaksanaan evaluasi ini kita Barito Utara sudah mampu menghasilkan capaian-capaian yang signifikan terkait penanganan inflasi, dimana di triwulan terakhir posisi inflasi kita berada di atas tiga dan pada triwulan ini kita justru deflasi artinya angka inflasi minus,” katanya. Selasa (9/7/2024).

BACA: Pemkab Barito Utara Tanam Cabai Bersama Kelompok Tani Rindu Alam

Muhlis melanjutkan, capaian tersebut sejatinya dilakukan secara bersama-sama oleh jajaran inflasi mulai dari pengendalian bahan pokok, kemudian juga upaya-upaya untuk menanam cabe bersama dan selalu rutin melakukan pengecekan barang di dalam gudang serta pasokan barang di distributor.

Selain itu, Perusda Batara Membangun juga memasok beberapa bahan seperti telur, walaupun jumlahnya belum begitu besar, namun hal ini bisa menahan laju kenaikan harga telur di daerah.

Terkait dengan penanganan stunting, angka stunting di daerah ini berdasarkan hasil survey terbaru sampai dengan Tanggal 30 Juni 2024 dari jumah 9180 balita yang diukur, hanya sekitar 400-an balita yang stunting.

Menurutnya, kalau dilihat dari angka stunting di Barito Utara justru jauh turun menjadi 4,4 persen kalau diukur dari sana dibandingkan dengan hasil SKI. Dimana hasil stunting berada pada angka 15,03 persen. Angka tersebut sebenarnya bisa dipertanggungjawabkan dan betul-betul berdasarkan hasil dari pengukuran dan penimbangan bayi.

BACA JUGA: Angka Stunting Barito Utara Alami Penurunan Sebesar 4,3 Persen

Lebih lanjut Pj Bupati, ini merupakan upaya yang dilakukan bersama seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Barito Utara, terutama tim penanggulangan stunting.

Terkait dengan indikator kemiskinan, Pj Bupati menjelaskan kemiskinan ekstrem sudah semakin berkurang jumlahnya, dimana sebelumnya dari ribuan kepala keluarga menjadi 205 KK. “Tentunya ini berkat upaya yang dilakukan oleh teman-teman seluruh jajaran dan didukung DPRD, dimana sudah mengelentorkan anggaran bantuan sosial, juga bantuan pangan dan juga berbagai program, termasuk diantaranya adalah bantuan rumah tidak layak huni,” beber Muhlis.

Muhlis memaparkan, pada tahun ini ada bantuan untuk kebencanaan, artinya kalau ada bencana kebakaran langsung diintervensi oleh pemerintah daerah kurang lebih sebesar Rp 25 juta sampai Rp 28 juta perrumah.

BACA LAGI: DPRD Barito Utara Apresiasi Langkah Nyata Pemkab dalam Membangun SDM

Sehingga ini juga akan mengurangi beban masyarakat yang terkena musibah atau bencana kebakaran. Sedangkan untuk bantuan banjir secara otomatis langsung digelontorkan dengan bantuan-bantuan sembako.

Sedangkan angka pengangguran terbuka juga sama. Dimana hasilnya, setelah diukur betul bahwa dari jumlah kategori yang ada, hanya menyisakan kurang lebih 1000 jumlah pengangguran terbuka, sehingga kalau angkanya ditotal sekitar 3,03 persen dan sudah jauh dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai 3,85 persen.

“Harapannya tentu agar teman-teman terus melakukan kegiatannya bersama-sama dan bila ada hal-hal yang kurang jelas agar dapat koordinasikan selalu dengan Pj Sekda, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat sehingga pelayanan di daerah kita akan semakin baik dan tingkat kepuasan masyarakat kita juga semakin tinggi,” pungkas Muhlis.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.