Gunakanan Ekskavator, Kebun PT Smart Dirusak

0

SEORANG pemuda berinisial SP (22) dari CV Adi Jaya dan MP (50) dari kandangan dilaporkan telah melakukan pengrusakan kebun kelapa sawit milik PT Smart di Desa Bangkalaan Melayu Kec Kelumpang Hulu.

KEJADIAN ini disaksikan Khairun Hanami, asisten manager Divisi II dari Pekanbaru, dan Wagiso, mandor pengawas kebun di Perkebunan Sungai Cantung PT. SMART Tbk.

Pengerusakan terjadi pada Jumat, (5/7/2024) sekitar pukul 11.30 Wita, menggunakan alat berat ekskavator XCMG PC 135 warna kuning yang dioperasikan SP dari CV Adi Jaya atas perintah MR. Akibatnya, terdapat 7 pokok tanaman kelapa sawit yang rusak, menyebabkan kerugian perusahaan sebesar Rp. 20 juta lebih.

BACA : Walhi Sebut Kalsel Sedang Sakit, Lahan Pertanian Terancam Ekspansi Tambang Dan Sawit

Barang bukti yang diamankan termasuk alat berat dan satu potongan pokok sawit. Kasus ini dilaporkan ke Polsek Kelumpang Hulu untuk proses hukum selanjutnya.

Kapolres Kotabaru AKBP Doli M Tanjung, melalui Kapolsek Kelumpang Hulu, Ipda Agus Setiawan mengatakan, peristiwa pengrusakan diarea perkebunan kelapa sawit yang dilaporkan PT SMART Tbk. telah di tindak lanjuti oleh Polsek Kelumpang Hulu. “Para pelaku akan kita kenakan pasal 406 KUHP tentang Pengrusakan,” pungkas Ipda Agus.(jejakrekam)

Penulis Jumanti Liany
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.