Efektif Serap Aspirasi, Warga Tapin Inginkan Turdes Paman Birin Terus Berlanjut

0

DI penghujung rangkaian Turdes 2024 Menembus Batas ke-10, atau hari ke 5, pada Jumat (5/7/2024), rombongan tiba di UPTD Puskesmas Baringin, Kecamatan Candi Laras Selatan.

KEDATANGAN Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin yang didampingi Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah, beserta tim yang menggunakan motor trail itu, disambut Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dan jajaran Pemkab Tapin, para kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat, dan lainnya.

Saat tiba, Paman Birin langsung menuju pelayanan sunatan massal, perekaman e-KTP, pemeriksaan kesehatan, dan penanaman pohon.

BACA: Turdes Ke-10, Paman Birin Temui Warga Dan Memastikan Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal

Penjabat Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin atas nama masyarakat setempat, berharap turdes yang sudah dilakukan 10 kali ini, terus berlanjut atau berkesinambungan, karena dinilai efektif untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Menurut Syarifuddin, masyarakat pun sudah melihat bukti aspirasi-aspirasi yang diakomodir, seperti banyaknya ruas jalan strategis di Tapin dalam kondisi mulus beraspal.

Sementara itu, Paman Birin dalam sambutannya, menyebutkan, selama 10 kali berkeliling di Kalsel hingga pelosok desa terpencil, dirinya bisa menyerap aspirasi masyarakat secara langsung.

“Aspirasi masyarakat adalah hal utama yang harus diperhatikan pemimpin, karena terpilihnya seorang pemimpin adalah kehendak mereka,” ujarnya.

Turdes juga dilakukan sebagai wahana mensinergikan program pemerintah provinsi dengan kabupaten kota, maupun mengkoordinasikan program pemerintah pusat.

BACA JUGA: Turdes Ke-10, Paman Birin Serahkan Bantuan Di Desa Teluk Aru

Pada kesempatan itu, disampaikan secara simbolis, bantuan sembako untuk masyarakat kemiskinan ekstrim di Kabupaten Tapin sejumlah 700 paket.

Kemudian, bantuan makanan tambahan utk ibu hamil dan Balita, bantuan Tablet tambah darah utk remaja, paket bantuan Khitanan massal, paket Produk ikan Olahan sejumlah 100 paket, dan bantuan untuk Pelajar sejumlah 26 paket.

Selanjutnya, bantuan Tas Alat Siaga Bencana dan APAR untuk desa, pemberian bendera merah putih sejumlah 350 lembar, b mantuan Intesifikasi Tanaman Karet dalam bentuk pupuk NPK seluas 300 hektar di Tapin senilai Rp 1,1 miliar.

Bantuan Lampu Panel Tenaga Surya, untuk Desa Baringin A, Sembako dari PKK Kalsel dan saprodi pertanian di Tapin Rp 7,7 miliar, penyerahan administrasi kependudukan, penyerahan baperstock untuk penguatan logistik dan kebencanaan di Tapin senilai Rp 24 Juta. Selain itu, bantuan bumdes ketahanan ekonomi keluarga di Kecamatan CLS senilai Rp 90 Juta.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.