Berhasil Membangun dan Menjaga Kebudayaan, Penjabat Bupati Muhlis Dianugerahi Gelar Kehormatan Dari Keraton Surakarta Hadiningrat

0

PENJABAT Bupati Muhlis dan Ketua PKK Kabupaten Barito Utara, Ibu Marsiana Muhlis menerima gelar ningrat kehormatan, sebagai Kanjeng Raden Tumenggung dan Kanjeng Mas Tumenggung, oleh SISKS Pakoe Boewono XIII.

KEGIATAN pemberian gelar dilaksanakan dalam rangkaian acara Merayakan Upacara Sakral Kirab Pusaka & Kebo Kyai Slamet, pada Hari Besar 1 Suro Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah, bertempat di Sasana Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo, Sabtu (6/7/2024).

Penganugerahan gelar bangsawan kepada Pj Bupati Barito Utara Muhlis dan istri merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat kepada tokoh yang dianggap berjasa dalam memperjuangkan kebudayaan dan kesenian daerah, serta penggiat ekonomi dan sosial.

Pemberian gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dan Kanjeng Mas Tumenggung menunjukkan bahwa upaya Muhlis dan Marsiana Muhlis dalam melestarikan budaya dan kesenian di daerah telah diakui oleh pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Pihak keraton menilai, keduanya merupakan sosok yang memiliki integritas serta dedikasi tinggi atas keberhasilannya membangun daerah dan berhasil memajukan kebudayaan dan adat istiadat di Barito Utara sehingga layak diberi gelar kehormatan tersebut.

Turut hadir, beberapa tokoh yang mendapatkan gelar antara lain Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Wakil Ketua BPK RI dan Bupati/Walikota se-Indonesia.

Dalam penyampaiannya, Muhlis menyatakan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan, dan berjanji akan terus memperjuangkan kelestarian budaya dan seni Indonesia di Kabupaten Barito Utara.

“Saya merasa sangat terhormat dengan diberikannya gelar ini dari Keraton Surakarta. Upaya menjaga, melestarikan dan memajukan kebudayaan yang saya lakukan ternyata diapresiasi. Tentunya ini menjadi tanggung jawab dan amanah bagi saya untuk tetap terus melestarikan kebudayaan,” ujar Muhlis.

Muhlis mengatakan, semenjak dilantik menjadi Penjabat Bupati Barito Utara pada 25 September 2023, dirinya terus berkomitmen melanjutkan perjuangan H Nadalsyah dalam pemajuan dan pelestarian budaya.

“Dan bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Barito Utara ke-74 akan digelar Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan untuk Barito Utara Harmonis, dengan berbagai keberagaman suku masyarakat yang ada serta untuk Barito Utara yang berkelanjutan,” tutup Muhlis.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.