Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin Gali Ilmu di PLN Indonesia Power UBP Barito

0

PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Barito menerima kunjungan industri dari Politeknik Negeri Banjarmasin, Jurusan Teknik Elektro, Kamis, (27/6/2024) lalu.

KUNJUNGAN tersebut merupakan bagian dari program peningkatan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi (TRPE) mengenai sistem pembangkit listrik di PLN Indonesia Power UBP Barito, khususnya di Unit Pembangkitan PLTDG Trisakti.

Sebanyak 44 peserta yang terdiri dari 22 mahasiswa, 18 dosen, serta 4 Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dan tenaga kependidikan (Tendik) turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

BACA : Pastikan Pasokan Listrik Aman Jelang Hari Raya Idul Adha 1445H, PLN IP UBP Barito Lakukan RE-SLO Mesin Pembangkit

Para peserta mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung operasional dan teknologi yang digunakan di Unit Pembangkitan PLTDG Trisakti, yang merupakan salah satu unit pembangkit listrik andalan di wilayah ini.

Manager PLN Indonesia Power UBP Barito, Nyoman Sukma Aryawan, menyampaikan pentingnya kolaborasi antara dunia industri dan akademisi.

“Kami sangat menyambut baik kunjungan dari Politeknik Negeri Banjarmasin. Ini adalah langkah positif untuk memperkuat sinergi antara dunia pendidikan dan industri, serta memberikan wawasan praktis kepada para mahasiswa mengenai sistem dan teknologi pembangkitan listrik,” ujarnya.

BACA JUGA :  PLN Indonesia Power UBP Barito Raih 3 Penghargaan Proper Biru Atas Ketaatan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Selama kunjungan, peserta diajak untuk mengunjungi beberapa fasilitas utama di Unit Pembangkitan PLTDG Trisakti dan mendapatkan penjelasan mendetail mengenai proses pembangkitan listrik, sistem kendali, serta inovasi-inovasi yang diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan pembangkit listrik.

Dosen pendamping dari Politeknik Negeri Banjarmasin, Lauhil Mahfudz, mengapresiasi sambutan dan penjelasan yang diberikan pihak PLN Indonesia Power.

“Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa kami. Mereka dapat melihat secara langsung bagaimana teori yang dipelajari di bangku kuliah diterapkan dalam praktik di industri. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut di masa mendatang,” katanya.

BACA LAGI :  Tingkatkan Sinergitas Dalam Upaya Keberlanjutan, Direktur Utama PLN Indonesia Power Kunjungi PLN IP UBP Barito

PLN Indonesia Power UBP Barito terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan pendidikan dan pengetahuan di bidang energi, serta membuka peluang bagi mahasiswa untuk belajar dan berinteraksi langsung dengan dunia industri.

Sekadar diketahui, PT PLN Indonesia Power adalah Generation Company terbesar se-Asia Tenggara Sub Holding BUMN kelistrikan yaitu PT PLN (Persero). PLN Indonesia Power selalu berkomitmen untuk menjadi perusahaan energi yang berbasis teknologi, inovasi, dan berorientasi pada masa depan menuju The NEW PLN 4.0 UNLEASHING ENERGY and BEYOND.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.