Penjabat Bupati Muhlis: Olahraga Merupakan Sarana Pembinaan Karkater Bangsa

0

SEJUMLAH pelajar Kabupaten Barito Utara yang akan ikut seleksi Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra-Popnas) Tahun 2024 tingkat Propinsi Kalimantan Tengah, dilepas oleh Penjabat Bupati Muhlis.

PELEPASAN kontigen tersebut dilaksanakan di halaman kantor Bupati Barito Utara, dan dihadiri oleh unsur FKPD, Asisten Setda, Staf Ahli Bupati dan Kepala Perangkat Daerah, pada Rabu (3/7/2024).

Kepala Dinas Budparpora, Hj Anissa Cahyawati menyampaikan, jadwal seleksi Pra Popnas dilaksanakan dari tanggal 4-10 Juli 2024 di Kota Palangka Raya. Sementara untuk Kabupaten Barito Utara mengirmkan atletnya sebanyak 147 orang. Termasuk di dalamnya pelatih, pedamping, tim kesehatan dan official.

Menurutnya, seluruh peserta telah dilengkapi dengan BPJS itu, akan mengikuti lomba basket, bola voli, bulu tangkis, sepak takraw, tinju dan sepak bola. “Atlet akan diberangkatkan hari ini menggunakan 2 bus dan mobil carteran, untuk pembiayaan kegiatan ini dari APBD Barito Utara, melalui Dinas Budparpora,” ucap Hj Annisa Cahyawati.

BACA: Pengurus KONI Barito Utara Paparkan Rencana Kerja

Penjabat Bupati Barito Utara, Muhlis menyampaikan bahwa olahraga merupakan sarana pembinaan karakter bangsa yang tidak terbatas pada segi fisik saja, akan tetapi juga mental. Olahraga dapat menjadikan seseorang sebagai insan yang berprestasi, kreatif, berbudaya, menghargai cipta karsa dan rasa.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi pendidikan, yaitu membentuk manusia yang berkarakter. Karena tinggi rendahnya kualitas olahraga akan turut menjadi cermin bagi penentuan sebuah martabat bangsa itu ditengah pergaulan masyarakat dunia, itulah mengapa olahraga dianggap sebagai bagian penting dari proses pembangunan bangsa.

Muhlis juga berharap kepada seluruh atlet, official dan pelatih dapat memperlihatkan kemampuan dan keahliannya secara maksimal dan mampu menjaga nama baik Kabupaten Barito Utara, serta menjaga sportifitas dalam bertanding dan pada setiap event yang dijalani.

“Bertandinglah dengan sungguh-sungguh untuk mencapai prestasi yang terbaik. Kepada atlet yang sudah terpilih sebagai duta olahraga Kabupaten Barito Utara, untuk berjuang dan berlaga pada Selekda Pra- Popnas Kalimantan Tengah Tahun 2024, demi wujudkan tekad meraih gelar terbaik dan mengharumkan nama daerah,” tutup Muhlis.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.