Camat Tanta Dukung Pemdes Gunakan Dana Desa Untuk Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

0

PENGGUNAAN dana desa oleh Pemerintahan Desa (Pemdes) Mangkusip Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia masyarakatnya mendapat dukungan penuh Camat setempat.

MENURUT Camat Tanta, Adi Fazar selama penggunaan dana desa tersebut untuk kepentingan masyarakat tentu pihaknya akan sangat mendukung.

“Kami sangat mendukung kegiatan yang berkaitan dengan hajat masyarakat banyak termasuk dalam rangka meningkatkan kemandirian dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya kepada wartawan, Jum’at (28/6/2024).

Ini bebernya salah satu bentuk perhatian pemerintah desa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Program ini juga sangat bersesuaian dan mendukung visi dan misi Kabupaten Tabalong yaitu menuju Tabalong yang lebih sejahtera dan mandiri,” ucapnya.

Dan selama ini tambahnya, semua desa di Kecamatan Tanta sudah menganggarkan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut seperti pelatihan pembuatan pupuk organik, pelatihan membatik atau sasirangan langsat, membuat kue, menjahit dan berbagai keterampilan lainnya,” jelasnya.

Dari pelatihan tersebut jelasnya, beberapa diantaranya sudah berhasil mandiri dan bahkan ada yang sudah membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar.

“Ini yang diharapkan pemerintah, dana desa berhasil meningkatkan perekonomian masyarakatnya,” bebernya.

Sebelumnya, Pemdes Mangkusip menggelar pelatihan membatik dan menjahit untuk warga desanya.

Bertempat dikantor Desa Mangkusip, pemdes menggandeng salah satu lembaga pelatihan dan kursus, pemdes menggembleng warganya agar bisa membatik dan menjahit.

Kepala Desa Mangkusip, M Syahrialuddin mengatakan kegiatan ini digelar untuk memanfaatkan dana desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Pelatihan menjahit digelar selama 7 hari dan membatik digelar selama 5 hari dengan diikuti masing-masing 20 peserta,” ujarnya.

Pihaknya berharap dengan pelatihan ini, warganya bisa mandiri dan dapat meningkatkan perekonomian keluarga.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.