Kegiatan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Dilaksanakan 7 SOPD Di Barito Utara

0

PENJABAT Bupati Barito Utara, Muhlis didampingi Pj Ketua TP PKK Barito Utara, Marsiana Muhlis meninjau stand kegiatan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Rabu (26/6/2024).

KEGIATAN yang digelar di halaman kantor Bappeda Litbang kabupaten setempat, juga dihadiri oleh perwakilan unsur FKPD dan pejabat lingkup Pemkab Barito Utara.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Disdalduk KB dan P3A), Silas Patiung mengatakan, kegiatan ini digelar sebelum dilaksanakannya kegiatan Rembuk Stunting. Berkolaborasi dengan tujuh SOPD di lingkup pemkab setempat, yaitu Dinas Kesehatan, Disdalduk KB dan P3A, Dinas Sosial PMD, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP), Dinas Pertanian dan Tim Penggerak PKK.

BACA: Penjabat Bupati Berharap Barito Utara Tahun Mendatang Zero Stunting

Usai peninjauan stand intervensi pencegahan stunting, Pj Bupati Muhlis menyerahan bantuan cindera mata untuk balita dari Dinas Kesehatan, penyerahan nutrisi tambahan kepada balita dan ibu hamil oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan.

Kemudian, penyerahan bantuan tunai kepada Tim Pendamping Keluarga (Disdalduk KB & P3A Barito Utara), pemberian bantuan berupa paket sembako Program Keluarga Harapan (Dinas Sosial dan PMD Barito Utara) dan pemberian sertifikat guru pelatihan stunting (Dinas Pendidikan).

Dikatakan Silas, tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menyampaikan hasil analisis mtuasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting kabupaten/kota terintegrasi.

Dan juga kata dia mendeklarasikan komitmen pemerintah daerah dan menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi. Membangun komitmen publik dalam kegiatan pencegahan dan penurunan stunting secara terintegrasi di kabupaten/kota.

“Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah komitmen penurunan stunting yang ditandatangani oleh Pj Bupati, perwakilan DPRD, kepala desa, pimpinan OPD dan perwakilan sektor non pemerintah dan masyarakat,” kata Silas Patiung.

BACA JUGA: Atasi Permasalahan Stunting, Dinkes Barito Utara Gelar Diskusi Dan Sharing

Serta rencana kegiatan percepatan intervensi gizi terintegrasi penurunan stunting yang telah disepakati oleh lintas sektor untuk dilaksanakan pada tahun berjalan dan untuk dimuat dalam RKPD/Renja OPD tahun berikutnya.

“Hasil kegiatan sasar gerakan percepatan pencegahan Stunting kabupaten Barito Utara melalui integrasi program/kegatan yang dilakukan antar OPD penanggung jawab layanan dan partisipasi masyarakat,” kata dia.

Dalam kegiatan ini, Silas menambahkan melibatkan para pemangku kepentingan di lingkungan pemerintah kabupaten dengan jumlah peserta sebanyak 230 orang yang terdiri dari unsur pimpinan Forum Kopinda, kanwil, instansi vertikal, badan, dinas, unit satuan kerja di Lingkungan Kabupaten Barito Utara, terkait percepatan penurunan stunting dan undangan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.