Kodim 1013/Muara Teweh Gelar Perkemahan Saka Wira Kartika Di Buper Panglima Batur

0

KODIM 1013/Muara Teweh menggelar kegiatan perkemahan Saka Wira Kartika di Bumi Perkemahan Panglima Batur, Kecamatan Teweh Selatan, Jumat (21/6/2024).

PEMBUKAAN perkemahan tersebut, dibuka langsung oleh Komandan Kodim 1013/Muara Teweh, Letkol Inf Agussalim Tuo, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai calon pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan, agar memiliki kepribadian yang kuat, disiplin, pantang menyerahnya, inovatif, serta mendorong keberhasilan cita-cita bangsa.

“Saya berharap kepada seluruh peserta, agar kegiatan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik, guna memantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan, karena tantangan negeri kita di masa depan semakin kompleks,” kata Dandim 1013/Muara Teweh.

BACA: Danrem 102/Panju Panjung Puji Kodim 1013/Muara Teweh

Agussalim Tuo pada kesempatan itu mengingatkan, agar generasi muda menjadi manusia-manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi.

“Pembinaan generasi muda oleh TNI-AD dalam wadah pembinaan gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 1013/Mtw diperuntukkan bagi Pramuka penegak dan Pramuka Pendega guna membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dengan memberikan pendidikan kesadaran bela negara secara dini dalam rangka pencegahan pudarnya nasionalisme rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini, berbagai materi diberikan kepada peserta yang mengikuti kegiatan itu. Diantaranya, pembinaan syarat kecakapan khusus Saka Wira Kartika yang meliputi Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering, Krida Monitoring, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana, pembinaan kesadaran bela negara dan outbound untuk meningkatkan kedisiplinan, kepemimpinan dan tanggung jawab.

Dalam kegiatan pembukaan perkemahan tersebut, dihadiri Kepala Dinas Budparpora yang diwakili Kabid Kepemudaan Hj Noranita, Ketua Kwarcab Pramuka Barito Utara diwakili Sekretaris Dewan Ketua Cabang Eva Septina, Kades Trahean Sugiono, Kapolsek Bukit Sawit Ipda Juwarsyah.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.