DPRD Barito Utara Minta Petani Tingkatkan Hasil Produksi

0

PEMERINTAH daerah melalui Dinas Pertanian terus berupaya membuka lahan pertanian di semua wilayah Kabupaten Barito Utara, baik padi sawah juga padi ladang.

SELAIN itu, untuk menunjang pertanian juga diperlukan anggaran yang lebih besar, baik untuk pembuatan jalan usaha tani, irigasi dan pengadaan bibit dan pupuk untuk mencukupi kebutuhan petani.

Anggota DPRD Barito Utara, Iqbal Erlanda pada Kamis (20/6/2024) mengatakan, saat ini lahan pertanian terutama padi sawah terdapat di beberapa kecamatan, seperti Teweh Tengah, Teweh Selatan, Teweh Baru dan Gunung Timang.

Dari jumlah luasan itu, memerlukan anggaran yang cukup besar tertutama untuk pemeliharan jaringan irigasi dan keperluan untuk menunjang hasil pertanian.

BACA: Perluas Lahan Pertanian, Barito Utara Siap Jalankan Program Food Estate

Oleh karena itu, dengan anggaran yang besar harus diimbangi dengan hasil yang lebih baik. “Kita berharap dengan anggaran yang besar hasilnya juga diharapkan sesuai apa yang sudah petani laksanakan,” harap Iqbal.

Dewan juga berharap, dengan hasil yang dicapai bisa swasembada pangan di wilayah Kabupaten Barito Utara. Hal ini juga sesuai dengan harapan pemerintah daerah dan seluruh masyarakat.

Karenanya melalui dinas pertanian telah dianggaran untuk peningkatan program sarana prasarana fisik yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2024, antara lain adalah jalan usaha tani, irigasi tanah air dangkal, embung penampung air dan pengadaan alsintan, pengadaan benih holtikultura dan pengadaan pupuk non subsidi.

“Saya berharap dengan apa yang diprogramkan dinas pertanian berjalan sesuai dengan harapan bersama untuk meningkatkan kesejahteraan para petani,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.