Gelar Karya P5, SMA Negeri 1 Halong Perkuat Nilai Demokrasi dan Kewirausahaan

0

DALAM upaya meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan nilai-nilai Pancasila, SMA Negeri 1 Halong adakan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan fokus pada kewirausahaan dan suara demokrasi, di Lapangan SMA Negeri 1 Halong, Kecamatan Halong, Rabu (12/6/2024).

KEGIATAN ini melibatkan berbagai pihak dari lingkungan sekolah, menekankan pada pembelajaran praktis dan partisipatif. Melalui serangkaian kegiatan seperti lokakarya dan simulasi pemilu OSIS, para siswa dipersiapkan untuk menjadi agen perubahan yang bertanggung jawab dalam masyarakat.

Ditemui usai acara, Kepala SMA Negeri 1 Halong, Rikhy Kurniawan mengatakan ini adalah langkah konkret dalam mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas, berdaya saing, memiliki kesadaran akan nilai-nilai Pancasila serta demokrasi.

“Di mana projek siswa selama satu tahun pembelajaran, tema yang diambil kali ini yaitu kearifan lokal kewirausahaan dan demokrasi, untuk demokrasi kita melaksanakan simulasi pelaksanaan pemilihan ketua OSIS yang dirancang persis sama seperti pemilihan umum yang dilaksanakan di Indonesia,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan Camat Halong, Rahmadi yang sangat mengapresiasi gelar karya P5 ini dan diharapkan hal itu dapat menjadikan mereka sebagai generasi yang mampu menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan perekonomian secara berkelanjutan.

“Kecamatan Halong merupakan kecamatan yang mempunyai ragam budaya, suku, etnis dan agama. Yang dalam hal ini pula anak-anak bisa menampilkan kearifannya semoga ini akan menjadi agenda tahunan di SMA Negeri 1 Halong yang dapat mendorong siswa-siswinya dalam berwirausaha,” sampainya.

Adapun Ketua OSIS SMA Negeri 1 Halong, Metii mengatakan dengan semangat kewirausahaan dan pemahaman yang mendalam tentang suara demokrasi, para siswa SMA Negeri 1 Halong yang terlibat dalam projek ini siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi secara positif.

“Saya selaku Ketua OSIS sangat bangga dengan adanya kegiatan ini yang mana bisa memperlihatkan penampilan projek P5 dan siap menghadapi tantangan besar dan berkontribusi secara positif di masa mendatang,” ungkapnya.(jejakrekam)

Penulis Infopublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.