Ekspos Akhir Pendidikan Vokasi untuk Meningkatkan SDM Unggul di Tanbu

0

BAPPEDALITBANG (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan) Tanbu menggelar, ekspose akhir penelitian dan kajian terhadap pendidikan vokasi di Bumi Bersujud.

STUDIO Mini Dispersip, Batulicin, menjadi lokasi ekspose akhir, pada Kamis (13/6/2024). Ekspose akhir pendidikan vokasi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di Tanbu 2024.

BACA JUGA: Sosialisasi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Pemkab Tanbu

Bekerjasama Tim Tenaga Ahli dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari.

Hadir pula Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Tanah Bumbu, pelaku usaha, sektor pendidikan, dan undangan lainnya.

Tujuan merumuskan rekomendasi kebijakan yang efektif dan aplikatif, demi meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan guna memaksimalkan potensi SDM di Tanah Bumbu (Tanbu).

BACA JUGA: Kunker Sekda Tanbu ke Kementan RI

Dr Muzahid Akbar H Tim Ahli dari Uniska mengatakan, penting SDM unggul di Tanbu sebagai wujud mempersiapkan putra dan putri daerah agar mampu berdaya saing.

Sedang Dr Didi Susanto, mengingatkan, kegiatan ini memiliki hubungan erat dengan salah satu Visi Indonesia Emas. ‘Menargetkan Indonesia menjadi negara tangguh, mandiri dan inklusif, berdasarkan rencana pembangunan jangka panjang nasional 2025-2045,’ ucap tim ahli Uniska ini.

Apalagi, sambungnya, Tanby merupakan salah satu daerah penopang Ibu Kota Nusantara (IKN) yang memiliki peran strategis dalam mendukung visi negara.

BACA JUGA: Keluar SE, Acara Perpisahan Sekolah Dilarang Disdik Tanbu

“Dengan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Manusia yang di miliki, Kabupaten Tanah Bumbu berpeluang besar untuk menjadi pusat pendidikan vokasi yang unggul,” tambah Didi Susanto.

Pendidikan Vokasi ini, membawa sejumlah ekspetasi, di antaranya agar SDM Tanah Bumbu mampu bersaing dan mengisi posisi-posisi strategis, yang tersedia dan dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi secara lokal dan nasional.

Begitu pula Dr Eng Akbar Rahman Tim Ahli dari ULM berharap Tanbu menjadi kawasan penting terhadap perencanaan wilayah, yang mana bisa menopang fungsi wilayah menjadi pintu gerbang IKN, ‘Jadi, SDM disiapkan secara baik untuk mengisi posisi yang dibutuhkan,’ bebernya.

BACA JUGA: Upaya Pemkab Tanbu Bangunkan Perumahan untuk Warga

SDM yang berkualitas, paparnya, berdampak pada perkembangan wilayah, pemantiknya adalah potensi SDA, sedangkan pertumbuhan Tanah Bumbu di nilai sangat agresif.

‘Peranan Pemkab Tanbu terhadap penyangga IKN menjadi fokus perhatian khusus,’ imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.