Kunker Sekda Tanbu ke Kementan RI

0

PEMKAB Tanbu melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kementerian Pertanian (Kementan) di Jakarta. Hal itu untuk memperkuat peran sebagai penyangga IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara.

SEKDA H Ambo Sakka memimpin Kunker di Kementan RI, dengan tujuan melakukan konsultasi dan koordinasi terkait pengembangan pertanian dan ketahanan pangan di Tanah Bumbu (Kunker).

BACA JUGA: Dispersip Tanbu: Kini Perpustakaan Alami Transformasi

“Kunker sangat penting mengingat Tanbu memiliki peran strategis sebagai penyangga IKN,” tutur H Ambo Sakka.

Menurutnya, Tanbu memiliki tugas penting untuk menyediakan kebutuhan pokok seperti beras. Apalagi kini sebagai Kawasan Perdesaan Agropolitan yang ditetapkan oleh Kemendes PDTT.

Ia berharap pula, rencana pembangunan bendungan di Tanah Bumbu yang telah mendapat persetujuan dari Kementerian LHK.

BACA JUGA: Sosialisasi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Pemkab Tanbu

“Kami mohon petunjuk dan arahan dari Pak Dirjen terkait pembangunan bendungan ini. Mengingat ini juga bagian dari tugas negara, karena Tanah Bumbu menjadi kawasan agropolitan dan penyangga IKN,” ucapnya.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan RI Ali Jamil, menyambut baik Kunker rombongan Pemkab Tanbu. “Kami sangat mendukung rencana pembangunan bendungan di Tanah Bumbu,” beber Ali Jamil.

Ali Jamil mengatakan, agar jaringan irigasi bendungan dapat mengalir ke sawah-sawah masyarakat. “Hal ini penting mengingat banyak bendungan di Indonesia yang tidak memiliki jaringan irigasi,” jelasnya.

BACA JUGA: Keluar SE, Acara Perpisahan Sekolah Dilarang Disdik Tanbu

Hadir dalam rombongan Pemkab Tanbu yakni Camat Kusan Hilir, Kusan Tengah, Teluk Kepayang, dan Kuranji, serta Kepala Desa dari masing-masing kecamatan yang ditetapkan sebagai Desa Agropolitan. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.