Pastikan Pasokan Listrik Aman Jelang Hari Raya Idul Adha 1445H, PLN IP UBP Barito Lakukan RE-SLO Mesin Pembangkit

0

HARI Raya Idul Adha merupakan momen penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Pasokan listrik yang andal sangat diperlukan untuk mendukung berbagai kegiatan, seperti beribadah, mempersiapkan hidangan, penyediaan cahaya dan kenyamanan lainnya.

PENTING untuk memastikan bahwa infrastruktur listrik berfungsi dengan baik, dengan melibatkan perencanaan dan pengelolaan sumber daya listrik secara efisien, serta pemeliharaan infrastruktur memastikan bahwa listrik dapat berfungsi dengan baik dan diandalkan selama perayaan Hari Raya Idul Adha.

Dalam rangka memastikan kelancaran perayaan Hari Raya Idul Adha bagi masyarakat, PLN IP UBP Barito melakukan Re-Sertifikasi Laik Operasi pada mesin pembangkit untuk memastikan kelayakan mesin pembangkit serta ketersediaan energi listrik yang memadai agar masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Adha tanpa khawatir akan gangguan pasokan listrik.

BACA : PLN Indonesia Power UBP Barito Raih 3 Penghargaan Proper Biru Atas Ketaatan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

“Kami meupayakan dan mengusahakan untuk memberikan pasokan listrik yang andal dan terjamin menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha. Re-SLO merupakan salah satu langkah strategis PLN IP UBP Barito untuk memastikan pembangkit benar-benar handal,” ungkap Nyoman Sukma Aryawan, Manager PLN Indonesia Power UBP Barito

PLN IP UBP Barito melakukan Re-SLO pada pembangkit listrik sesuai Permen ESDM Nomor 12 Tahun 2021 untuk menjamin kendalan unit pembangkit listrik menjelang Hari Raya Idul Adha. Re-SLO yang telah melakukan uji operasi yang didampingi PLN Pusat Sertifikasi (PLN Pusertif) dan mendapatkan Sertifikat Laik Operasi adalah PLTD Kuala Kapuas 01 dan PLTD Kuala Kapuas 02 disusul dengan PLTG Trisakti yang saat ini masih dilakukan proses uji operasi. Dan juga pada Juli diminggu ke-2 akan dilakukan SLO di PLTD Kotabaru.

Selain itu, sejalan dengan tujuan menjaga keandalan pembangkit listrik dilakukan juga Realibility Running Test untuk memastikan kesiapan unit pembangkit PLTG Trisakti.

BACA JUGA :  Tingkatkan Sinergitas Dalam Upaya Keberlanjutan, Direktur Utama PLN Indonesia Power Kunjungi PLN IP UBP Barito

Re-SLO bukanlah sekadar proses teknis rutin yang secara berkala dilakukan setiap 5 tahun sekali, melainkan upaya serius untuk memperkuat sistem kelistrikan demi memastikan ketersediaan listrik andal, stabil, berstandar operasi yang baik dan terlegalisasi oleh Direktorat Jendral Ketenagalistrikan. Langkah-langkah ini meliputi peninjauan mendalam serta penyesuaian yang diperlukan pada sistem pembangkit listrik, jaringan distribusi, dan peralatan lainnya.

Upaya ini juga mencerminkan komitmen PLN IP UBP Barito dalam membangun infrastruktur energi yang tangguh dan handal, sejalan dengan misi perusahaan untuk menyediakan solusi energi yang hijau, inovatif dan terjangkau yang melampaui harapan pelanggan.

Selain itu, PLN IP UBP Barito juga mengajak masyarakat untuk menggunakan energi listrik dengan bijak, guna mendukung upaya konservasi dan pemeliharaan sumber daya energi. Dengan kerjasama dari semua pihak, diharapkan Hari Raya Idul Adha 1445H dapat dirayakan dengan kedamaian dan keberkahan, tanpa kendala dalam pasokan listrik.

PT PLN Indonesia Power adalah Generation Company terbesar se-Asia Tenggara Sub Holding BUMN kelistrikan yaitu PT PLN (Persero). PLN Indonesia Power selalu berkomitmen untuk menjadi perusahaan energi yang berbasis teknologi, inovasi, dan berorientasi pada masa depan menuju The NEW PLN 4.0 UNLEASHING ENERGY and BEYOND.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.