Anggota DPRD Barito Utara Dukung dan Apresiasi Penilian Lomba Desa dan Kelurahan

0

PELAKSANAAN kegiatan penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, dimana Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru yang mewakili Kabupaten Barito Utara, dalam mengikuti kegiatan tersebut.

PENILAIAN lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2024 ini mendapat dukungan dan apresiasi dari kalangan DPRD Barito Utara, salah satunya adalah Riza Faisal.

Menurut anggota DPRD Komisi III tersebut, Jumat (14/6/2024), sangat mengapresiasi kegiatan penilaian lomba desa dan kelurahan.

Dikatakannya, Desa Sikui yang mewakili Kabupaten Barito Utara untuk tingkat Provinsi Kalteng. Diharapkan dalam penilaian lomba desa dan kelurahan ini mendapatkan apa yang diharapkan.

BACA: Dipilihnya Desa Sikui Dalam Penilaian Lomba Desa Berdasarkan Realita

Disebutkan Riza, dalam penilaian lomba desa ada 3 (tiga) bidang indikator dalam penialaian yaitu bidang pemerintahan terdiri dari pemerintahan desa/kelurahan, kinerja inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan berbasis teknologi informasi/e-government, pelestarian adat dan budaya.

Kedua, bidang kewilayahan terdiri dari identitas desa dan kelurahan, batas desa, inovasi tanggap dan siaga bencana. Dan ketiga, bidang kemasyarakatan terdiri dari, partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Menurut Riza Faisal, ada beberapa keuntungan dalam pelaksanaan lomba desa dan kelurahan selain sebagai ajang kompetisi antar desa dan antar kelurahan adalah dalam rangka meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dari semua golongan dalam membangun desanya.

Selain itu kata dia memelihara dan meningkatkan kebersihan lingkungan baik lingkungan pekarangan masing-masing maupun lingkungan sarana umum yang ada dengan demikian dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat.

BACA JUGA: Penilaian Lomba Mengacu Pada Indikator Penilaian Sesuai Ketentuan Permendagri

“Serta meningkatkan pelayanan pemerintahan dan pembangunan terhadap masyarakat dan meningkatkan kerjasama antar pemimpin desa, aparat desa, lembaga/organisasi, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ibu-ibu PKK serta masyarakat lainnya untuk saling bahu membahu membangun desanya,” kata politisi Partai Demokrat Barito Utara ini.

Dan juga kata dia untuk meningkatkan inisiatif dan kreativitas dalam rangka percepatan keberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa/kelurahan dalam membangun desa menuju desa yang mandiri. Serta meningkatkan tertib administrasi, baik administrasi pemerintahan desa, BPD, posyandu, Karang Taruna, LPMD dan PKK Desa/Kelurahan.

Lebih lanjut Riza Faisal penilaian lomba desa dan kelurahan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi momentum untuk mendorong peningkatan pelayanan kepada masyarakat, pembangunan desa dan kelurahan dan penguatan kelembagaan masyarakat.

“Kami berharap Desa Sikui yang mewakili Kabupaten Barito Utara dalam ajang lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Kalteng tahun 2024 ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan menjadi pemenang lomba desa,” kata Riza Faisal.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.