Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Wujudkan Kolong Rumah Bebas Sampah

0

RATUSAN orang terlibat dalam aksi kebersihan di kawasan Museum Wasaka Banjarmasin, dalam Gerakan B’babasah (Babarasih Bawah Barumahan), Jumat (14/6/2024).

WAKIL Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor mengatakan ini sebagai bagaian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, serta mendorong masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan sekitarnya. “Tentunya program ini mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan sekitar dengan melakukan bersih-bersih secara gotong royong,” ucap Arifin seusai kegiatan.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk selalu peduli terhadap kebersihan lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarang, terutama di sungai.

BACA: Ketahuan Buang Sampah, 9 Orang Warga Dikenakan Tipiring

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah Love menuturkan, kegiatan B’babasah dilaksanakan serentak di seluruh Kecamatan Kota Banjarmasin. “Hari ini dipusatkan di sini, karena di sini daerah sungai jadi kita utamakan bersih di kolong-kolong rumah warga,” ucap Alive.

Dari hasil sampah yang dikumpulkan, terutama berbahan plastik dalam kegiatan B’babasah itu pun nantinya akan bisa ditimbang dan ditukarkan dengan uang.

Lebih jauh, Alive mengungkapkan dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan dalam sebulan penuh ini.

“Mulai dari sedekah sampah, gotong royong membersihkan sampah-sampah dilingkungan masing-masing dan hari ini gerakan B’babasah,” ungkapnya.

BACA JUGA: Atasi Terbatasnya TPS, Program Antar Jemput Sampah Surung Sintak Diluncurkan DLH Banjarmasin

Tidak hanya itu, di puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia nanti, akan ada kegiatan penanaman pohon bersama. Tujuan penanaman pohon itu sendiri lanjutnya, tak lain sebagai bentuk sedekah oksigen bagi warga Kota Seribu Sungai.

Adapun dalam kesempatan ini dikatakan Alive, pihaknya juga membagikan bakul purun kepada para panitia kurban.

Ia menyebutkan pembagian bakul purun itu merupakan salah satu dari upaya pihaknya dalam mengurangi sampah kantong plastik di Kota Banjarmasin. “Bakul purun ini sebagai pengganti bungkus daging kurban yang akan dibagikan pada perayaan Idul Adha nanti,” katanya.

Adapun bakul purun yang dibagikan ada sekitar 2.200 buah yang hanya diserahkan pada perwakilan panitia kurban. “Tidak semua dapat, tapi ini sebagai motivasi kepada masyarakat bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.