Mujiyat Dampingi Bakti Sosial Tri Rismaharini

0

PENJABAT Bupati Mujiyat dan Sekda Zulkipli Yadi Noor mendampingi Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini, melakukan Bakti Sosial (Baksos) di Barito Kuala.

BAKSOS Mensos RI Risma ini dilaksanakan pada pada Selasa dan Rabu 11-12 Juni 2024, yang dimulai dari Desa Sungai Pitung, Kecamatan Alalak.

Di lokasi tersebut banyak penderita kusta dan katarak yang belum ditangani. Disampaikan pula, ada 11 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dari Desa Sungai Pitung dan dua orang dari desa lainnya, yang dipasung akan dibebaskan.

BACA: Pemkab Barito Kuala Terima Bantuan CSR Dari 4 perusahaan

Mensos Tri Rismaharini dalam kegiatan Bakti Sosial juga meninjau operasi katarak gratis, di RSUD Abdul Aziz Marabahan. Selanjutnya singgah ke Halaman Kantor Bupati Batola, menyambangi warga penyandang disabilitas fisik dan anak-anak Sekolah Luar Biasa.

“Pada awalnya saya melihat beberapa saudara-saudara kita yang terkena penyakit kusta maka saya datang ke sini. Tapi ternyata setelah scanning lengkap ada banyak juga yang disabilitas mental atau ODGJ, dan hari ini kita (menyaksikan) operasi 320 warga yang terkena katarak,” ucap Risma.

“Yang akan saya sampaikan kepada ibu bapak sekalian, yang pertama, kalau ada yang sakit disabilitas mental atau ODGJ itu tidak boleh dipasung. Itu bisa diobati jadi sekarang ada obat yang tiap bulan disuntik. Kalau dulu minum obat setiap hari sama sekarang tidak perlu,” ujar Mensos Risma.

“Kata dokter Maramis menyampaikan ke saya, itu sama dengan penyakit gula dan penyakit jantung yang harus minum obat rutin. Jadi jangan dipasung bawa ke rumah sakit, nanti dia akan disuntik dan dia akan menjadi tenang. Kalau dipasung, kakinya akan menjadi mengecil, tidak bisa apa-apa, kalau sudah itu menjadi lumpuh dan tergantung kepada orang lain,” sambungnya.

“Bagi penyandang tunanetra dan tunarungu, layanan BPJS kesehatan (dapat menyediakan) alat handphone yang bisa di setting khusus bagi penyandang tunanetra dan tuna rungu,” papar Risma.

BACA JUGA: Libatkan Akademisi Universitas Leeds Inggris, Penyandang Disabilitas Dibekali Diri Hadapi Bencana

Selain itu, dalam rangka Bakti Sosial di Kabupaten Batola, Kemensos turut memasang instalasi pengolah air bersih yang tersebar di empat kecamatan. Yaitu, Kecamatan Alalak, Kecamatan Barambai, Kecamatan Bakumpai, dan Kecamatan Tabukan.

Sementaran itu, Penjabat Bupati Batola, Mujiyat berharap, melalui kegiatan kali ini dapat menggairahkan masyarakat di Batola terutama bagi orang berkebutuhan khusus, ODGJ, kusta, agar semua merasa terayomi.

“Bahkan hari ini telah dua tempat yang melepas pasung, dan Ibu Mensos tidak ragu-ragu menandakan itu sebagai sebuah rasa kepedulian yang sangat tinggi,” tutur Mujiyat.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.