Kadis Pendidikan: P5 Adalah Upaya Untuk Wujudkan Pelajar Pancasila

0

KEPALA Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin A Surapati mengatakan, bahwa projek penguatan profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam implementasi kurikulum merdeka.

HAL tersebut dikatakan Syahmiludin A Surapati melalui Sekretaris Dinas Pendidikan, Hj Sunarti pada acara selebrasi panen hasil belajar P5 tahun pelajaran 2023/2024, di halaman SMP Negeri 1 Muara Teweh, Kamis (13/6/2024).

“P5 adalah upaya untuk mewujudkan pelajar pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif,” kata Hj Sunarti.

BACA: SMPN 1 Muara Teweh Gelar Selebrasi Panen Hasil Belajar Atas Dukungan Semua Pihak

Dikatakan Hj Sunarti, P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang berbeda dengan program intrakulikuler di dalam kelas. Dalam kegiatan proyek ini, peserta didik memiliki kesempatan untk mempelajari tema-tema atau isu penting.

“Sehingga peserta didik bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya, proyek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya,” ucap Sunarti.

Dirinya juga berharap, kegiatan yang diadakan ini akan membantu siswa siswi dalam mencapai tujuan. Dalam P5 ini, harapannya peserta didik menjadi siswa siswi, yang kelak akan berguna untuk masa depan.

“Semoga dengan semangat kerja keras yang dilandasi dengan ketulusan dan kesungguhan dalam menjalankan tugas, cita-cita dan harapan bersar tersebut segera dapat terwujud dan mampu menjadi sekolah sahabat keluarga,” urai dia.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.