Mendekati Idul Adha, DKP3 Banjarmasin Gencar Periksa Hewan Potong

0

BENTUK tim pemeriksa pada hewan kurban, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin, sasar beberapa lokasi.

HAL ini mengingat dalam beberapa hari lagi perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah atau hari raya kurban akan tiba.

Maka dari itu, untuk memastikan dan menjamin hewan kurban aman dikonsumsi masyarakat, pemeriksaan lebih intens pun dilakukan.

BACA: Cegah Adanya Penyakit Pada Hewan Kurban, DKP3 Lakukan Pemeriksaan

Kepala DKP3, Yuliansyah Efendi menyampaikan, pemeriksaan pada hewan kurban ini akan dilakukan, baik itu saat kedatangan maupun di tempat penampungan. “Akan kita monitoring nanti untuk kesehatan hewan kurban itu,” ucapnya saat ditemui, Senin (10/6/2024).

Pemeriksaan sendiri akan dilakukan utamanya di Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih, kemudian di pelabuhan Trisakti ketika hewan kurban baru datang. “Kemudian di beberapa tempat lain, karena biasa menjelang Hari Raya Idul Adha ini terpencar. Mungkin ada sekitar 10 tempat lebih yang akan kita periksa,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, pemeriksaan yang dilakukan nantinya adalah berupa pemeriksaan fisik. Meliputi seluruh bagian, hingga nanti ke area mulut sampai kuku. “Yang pasti secara fisik dulu, kalau nanti di tahap ini tidak ada masalah dari tampilan itu mungkin sudah bisa dianggap sehat,” tuturnya.

“Karena biasanya juga, ada beberapa hewan kurban yang stres ketika baru datang,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.