Agenda Tahunan, Bupati Kotabaru Hadiri Haul Syekh Samman Al-Madani

0

BUPATI Kotabaru H. Sayed Jafar, beserta jajaran menghadiri Haul Syekh Muhammad Samman Bin Abdul Karim Al Madani Al Kadiri.

KEGIATAN ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan di bulan Dzulhijah dipusatkan di Mesjid Jami’Al Hakim Desa Pramasan Dua Kali Sanga Rt. 02 Kecamatan Hampang pada Sabtu, (8/6/2024).

Sekrataris Daerah Kotabaru H Said Akhmad mewakili Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengatakan kegiatan haul ini dalam rangka mengingat beliau sebagai ulama besar.

BACA : Bupati Kotabaru Pantau Proses Perbaikan Jalan Yang Rusak Akibat Hujan

“Haulan ini merupakan bentuk kita mengenang dan meneladani sikap dan perilaku beliau dalam kehidupan sehari-hari, serta untuk mendapatkan keberkahan, kemualian,” ucapnya.

Selain itu, sekda juga memaparkan program pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Kotabaru termasuk Kecamatan Hampang.

“Pemerintah daerah sudah beberapa kali berkunjung di Kec Hampang dan terakhir di Kecamatan Sampanahan untuk melihat langsung masyarakat. Karena bupati suka berkunjung ke pelosok desa. Banyak program yang bupati laksanakan, termasuk peningkatan infrastruktur jalan, serta program listrik masuk desa dimana juga sudah MoU bersama PLN walaupun masih bertahap, dan menggunakan tenaga surya,” jelasnya.

Dalam wujud kepedulian dibidang keagamaan, pemerintah daerah pada 2025 akan memberikan bantuan kepada semua majelis taklim.

BACA JUGA :  Pemkab Kotabaru Raih Penghargaan Terbaik I Profil Kesehatan

“Dalam syiar agama salah satunya dengan pembangunan Mesjid Apung yang insyaAllah akan selesai, dan paling besar adalah rehab besar Mesjid Agung Husnul Khatimah, dan di Tahun 2025 semua majelis taklim yang ada di Kotabaru akan dibantu baik perlengkapan untuk syiar Islam maupun lainnya, dan untuk anak-anak kita yang ingin bersekolah keluar negeri sudah kita anggarkan dan akan ditanggung pemerintah daerah bersekolah di Yaman Hadralmaut,” urai sekda.

Dalam haul Syekh Samman Al-Madani ini juga diisi dengan ceramah agama Habib Qadri Al-Aydrus yang mengajak seluruh warga teladani sang Wali Qutub Syekh Samman Al-Madani serta pembacaan tahlil dan do’a.

Ketua TP. PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar juga memberikan bantuan dari pemerintah daerah kepada Ketua Panitia Pelaksana Haul Syekh Samman Al-Madani di Desa Pramasan Dua Kali Sanga Hampang.

Dalam kesempatan tersebut, Habib Qadri Al-Aydrus juga mengislamkan 2 warga setempat yang mana nama Islamnya langsung diberikan Bapak dan Ibu Bupati Kotabaru, yaitu Yessi Angeli diberikan nama Siti Rokayah, sedangakn Febri diberi nama Abdur Rahman.

BACA LAGI : Diikuti Ribuan Peserta, Bupati Kotabaru Buka MTQ Nasional Di Tanjung Selayar

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru H. Slamet Riyadi juga memberikan beasiswa kepada Abdur Rahman yang akan diberikan setiap tahun sampai kelas pertengahan pertama dan akan memberikan perlengkapan sekolah.

Slamet juga memaparkan yang di fokuskan untuk Program Pendidikan dimana program ini merupakan yang dicanangkan Bupati Kotabaru agar anak-anak masyarakat Kotabaru tidak ada lagi yang putus sekolah.

Untuk Kecamatan Hampang akan dibangunkan SMP Negeri 3 Hampang di tahun 2024, dan rehab SDN Pramasan Dua Kali Sanga Hampang melalui Dana Alokasi Khusus DAK Tahun 2024 yang sifat pembangunannya dilaksanakan secara Swakelola dan tim.

Sedangkan Habib Qadri Al-Aydrus juga menawarkan kesempatan kepada Abdur Rahman untuk menuntut ilmu di Pondok Pesantren yang beliau asuh.(jejakrekam)

Penulis Jumanti Liany
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.