Penjabat Bupati Muhlis hadiri FGD Ketenagalistrikan dengan Kementerian ESDM

0

PENJABAT Bupati Barito Utara, Muhlis bersama dengan Ketua DPRD Barito Utara, Ir Hj Mery Rukaini dan anggota DPRD H Tajeri dan Hj Sofia, menghadiri Forum Group Discussion (FGD) Kelistrikan yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM Republik Indonesia di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Jumat (7/6/2024).

FGD dibuka langsung Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI, Ir Jisman Hutajulu dan turut hadir Komisi VII DPR RI dapil Kalteng, Mukhtarudin, Willy M Yoseph, H Iwan Kurniawan, dan Gubernur Kalteng yang diwakili Kepala Bidang Kelistrikan Dinas Pertambangan dan Energi, Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Bupati/Walikota dan Ketua DPRD kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI, Jisman Hutajulu menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati/Walikota se-Kalimantan Tengah, atas kesediaanya meluangkan waktu dalam rangka membahas kemajuan kelistrikan di wilayah Kalimantan Tengah.

BACA: Bupati Nadalsyah Titip Apkasi Perjuangkan Masalah Listrik Barito Utara

Dalam forum ini, anggota komisi VII DPR RI perwakilan Kalimantan Tengah mengatakan, bahwa mereka terus berupaya dan mendorong percepatan tersalurkannya jaringan listrik sampai tingkat desa yang terluar atau terpencil, di Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Pj Bupati Muhlis menyampaikan, Bupati Barito Utara periode 2013-2023, H Nadalsyah, kurang lebih 10 tahun terakhir ini telah membangun total infrastruktur, tidak tertinggal masalah jaringan kelistrikan.

“Selama kepemimpinan beliau (H Nadalsyah) Kabupaten Barito Utara untuk capaian realisasi penyaluran listrik desa sudah mencapai 91,35 persen. Serta ucapan terima kasih kepada anggota Komisi VII DPR RI, Dirjen ketenagalistrikan, Kepala PLN wilayah kalselteng, DPRD Kabupaten Barito Utara dan semua pihak atas dukungannya untuk tersalurkannya jaringan listrik di seluruh Desa wilayah Kabupaten Barito Utara,” kata Pj Bupati Muhlis.

Dikatakan Muhlis, untuk desa yang belum teraliri listrik ini merupakan tugas kita bersama yakni Pemkab Barito Utara bersama DPRD Kabupaten Barito Utara, oleh karenanya Pj Bupati mengharapkan tidak pernah lelah untuk bersama-sama membangun Barito Utara untuk lebih baik lagi kedepannya.

BACA JUGA: Pemkab Barito Utara Prioritaskan Jaringan Listrik di Daerah Pedalaman

“Kami siap membantu pembebasan lahan, mempersiapkan jalan dan jembatan dan lain-lain yang diperlukan untuk terealisasinya saluran listrik di seluruh wilayah kabupaten Barito Utara,” sambung Muhlis.

Senada, Ketua DPRD Barito Utara, Hj Mery Rukaini menyatakaan dirinya beserta seluruh anggota DPRD Kabupaten Barito Utara siap mendukung penuh Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam memajukan daerah setempat khususnya dalam pembangunan kelistrikan.

“Selaku Ketua DPRD beserta seluruh anggota siap mendukung penuh Pemkab Barito Utara, sekarang APBD sudah bisa untuk penganggaran listrik desa, tetapi tetap akan mencari aturan-aturan, sehingga tidak timbul masalah-masalah dalam penganggarannya,” ucap Hj Mery Rukaini.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.