Ikan Seluang dan Payau Bagus Dikonsumsi untuk Cegah Stunting

0

UNTUK mencegah stunting, balita dapat diberikan sumber pangan lokal kaya nutrisi, seperti Ikan Seluang, Ikan Puyau yang ditemukan di sungai-sungai di Tabalong.

HAL tersebut disampaikan Aan Nurhadi, selaku CSR Program Section Head PT Adaro Indonesia, saat pelatihan dan peningkatan kapasitas pelaku teknis program percepatan penurunan stunting, Selasa (4/6/2024).

Disebutkan, pelatihan tersebut adalah kolaborasi Adaro Grup dan mitra kerja bersama Pemkab Tabalong, yang diselenggarakan di Balai Rakyat Dandung Suchrowardi.

BACA: Bantuan Sembako untuk Anak Stunting Sesuai Arahan Tim Gizi Tabalong

Aan mengatakan, berdasarkan hasil penelitian bahwa ikan lokal tersebut banyak kandungan gizi. “Ternyata banyak kandungan gizi di dalam ikan tersebut, tinggi nutrisinya, baik itu protein, mineral dan lainnya,” katanya.

Menurutnya, hal itu yang terkadang masyarakat belum terpikirkan untuk memanfaatkan sumber pangan lokal yang banyak ditemukan di Tabalong.

Hanya saja bagaimana cara mengolahnya, untuk lebih menarik minat anak-anak, agar terhindar dari indikasi stunting. “Ini yang jadi PR kita, nanti bisa menjadi inovasi, sehingga sumber-sumber pangan lokal itu bisa termanfaatkan,” ujar Aan.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.