Pemkab Kotabaru Raih Penghargaan Terbaik I Profil Kesehatan

0

DIBAWAH kepemimpinan Bupati H Sayed Jafar, Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kesehatan berhasil meraih penghargaan peringkat satu pada profil Kesehatan Tahun 2023 se-Kalsel.

PENGHARGAAN tersebut diserahkan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor kepada Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Erwin Simanjuntak, SKM., M. Kes dalam acara Rakerkesda TA. 2024 dengan tema “Bergerak, Perkokoh Kesehatan Banua Untuk Kalimantan Selatan Maju” sekaligus peluncuran Pekan Imunisasi Nasional, yang berlangsung di Hotel G’Sign Banjarmasin, Kamis (30/5/2024).

Gubernur Sahbirin Noor menyampaikan bahwa Kemenkes RI saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada enam pilar untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan.

BACA : Bupati Kotabaru Serah Terima Hibah Kepada Danlanud Sjamsudin Noor Banjarmasin

Ini juga sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa mendatang. “Hal ini bisa menjadi pedoman bagi insan kesehatan di Kalimantan Selatan untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru menerima Penghargaan Terbaik I Pemeringkatan Profil Kesehatan Tingkat Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan Tahun 2023 atas penilaian kualitas data yang meliputi kelengkapan, akurasi, dan konsistensi.

Usai kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru, Erwin Simanjuntak, menjelaskan bahwa profil kesehatan ini sebagai sarana acuan untuk melakukan evaluasi kinerja dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Hari ini, dalam acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kalsel, Kotabaru meraih penghargaan sebagai Terbaik I tahun 2023 pada Profil Kesehatan terbaik tingkat Provinsi. Profil ini adalah sarana untuk melaporkan pemantauan dan evaluasi terhadap pencapaian hasil pembangunan kesehatan, termasuk kinerja dari penyelenggara pelayanan minimal di bidang kesehatan. Dengan adanya profil kesehatan ini, kita memperoleh data atau informasi yang menggambarkan situasi dan kondisi kesehatan masyarakat di 22 kecamatan dan 28 puskesmas yang ada di Kotabaru,” jelasnya.

BACA JUGA :  Lepas Kontingen Popda, Ini Pesan Bupati Kotabaru

Erwin menambahkan, bahwa Kotabaru juga menampilkan profil kondisi kesehatan dari 12 program SPM yang dicanangkan Kemenkes RI.

“Dari 13 kabupaten/kota di Kalsel, Kabupaten Kotabaru dapat menampilkan profil kondisi kesehatan yang tercermin dari program kesehatan yang tercapai dan meningkat secara merata dari 12 SPM bidang kesehatan yang dicanangkan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kalsel secara signifikan dan berkesinambungan. Kotabaru dengan program SDM kesehatan dapat meningkatkan pemenuhan hampir 50% dari capaian tahun sebelumnya,” tambahnya.

Penghargaan yang diserahkan gubernur ini dihadiri perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, serta peserta Rakerkesda (Rapat Kerja Kesehatan Daerah) Kalimantan Selatan yang diikuti oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bidang, Kepala Seksi, dan Direktur Rumah Sakit dari 13 kabupaten/kota di Kalsel.

Selain Kotabaru, Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga menerima penghargaan atas keberhasilan konektivitas wilayah kabupaten/kota berdasarkan capaian fasilitas kesehatan yang berhasil terkoneksi pada SATU SEHAT platform dengan presentase 69,57 persen.

Kota Banjarbaru mencapai imunisasi dasar lengkap sebesar 100,51 persen dari target nasional 100 persen tahun 2023, dan Kabupaten Tanah Laut mencapai imunisasi T2+ ibu hamil sebesar 84,44 persen dari target nasional 80 persen di tahun 2023.(jejakrekam)

Penulis Jumanti Liany
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.