2024, Pemkab Balangan Anggarkan dan Rehab 14 Buah Perpustakaan

0

PEMKAB Balangan terus berupaya meningkatkan minat baca atau literasi di kalangan masyarakat, hal ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di Bumi Sanggam.

DIKETAHUI menurut hasil survei yang dilakukan dalam Program for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa peringkat nilai kemampuan literasi peserta didik Indonesia masih jauh tertinggal dari negara-negara lainnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Balangan terus membangun dan memperbaiki fasilitas perpustakaan baik yang ada di kabupaten, kecamatan, desa dan sekolah dalam rangka meningkatkan minat dan kegemaran membaca masyarakat Balangan.

Taufiqurrahman, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan,   mengatakan sampai saat ini Balangan telah memiliki satu buah perpustakaan kabupaten, enam buah perpustakaan kecamatan, 71 buah perpustakaan desa dan juga 220 buah perpustakaan sekolah.

“Tahun ini, Pemkab Balangan melalui Dinas Perpustakaan dan Dinas Pendidikan telah menganggarkan dan segera merehab empat buah perpustakaan kecamatan, kemudian juga membangun tiga buah perpustakaan desa dan tujuh buah perpustakaan sekolah,” ujarnya.

Menurutnya, perpustakaan mempunyai beberapa fungsi, yang diantaranya adalah; Fungsi penelitian, Fungsi pendidikan, Fungsi rekreasi, Fungsi informasi. Perpustakaan memiliki manfaat untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar.

“Kami mengajak masyarakat Balangan mari kunjungi perpustakaan dan tingkatkan kebiasaan baik membaca. Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh tokoh-tokoh nasional kita,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.