Menjelang Hari Raya Kurban, PDHI Bakal Terjunkan Ratusan Dokter Hewan

0

MENJELANG Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PHDI) Cabang Kalimantan Selatan bakal turunkan ratusan dokter hewan.

HAL tersebut dikatakan oleh Ketua Umum PDHI Cabang Kalimantan Selatan, drh Irinda Asdila Putri, untuk memastikan kesehatan dan keamanan hewan kurban.

Pihaknya akan menyiapkan dokter hewan, dari sebelum hingga sesudah hewan kurban dipotong. “Jadi nanti semua dokter hewan di Kalimantan Selatan akan diturunkan,” ucapnya, saat pelantikan pengurus PDHI Cabang Kalimantan Selatan yang baru, Sabtu (25/5/2024).

BACA: Musim Pancaroba Datang, Ayo Segera Vaksin Hewan Kesayangan

Totalnya ada sekitar 130 dokter hewan yang akan diterjunkan. Mereka ini akan disebar ke seluruh 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan, sesuai dengan wilayah kerja masing-masing.

“Yang pasti mereka ini akan membantu masyarakat, di masjid-masjid hingga ke desa. Untuk membantu pemeriksaan daging kurban,” jelasnya.

Lebih lanjut, hingga sekarang memang belum ada penyakit hewan yang menular di Kalimantan Selatan.

Namun, pemeriksaan daging apakah layak dikonsumsi atau tidak akan pihaknya tetap lakukan, untuk menjamin kesehatan masyarakat. “Disamping juga kita akan memeriksa apakah hewan kurban itu, memiliki cacing hati atau tidak,” ungkapnya.

Dan untuk terkait penyakit Brucellosis yang saat ini dikatakan, ada beberapa kasus temuan di Kalimantan Selatan. Pihaknya di PDHI akan berkoordinasi dengan dinas pengampu terkait. “Yakni dalam pemeriksaan bersama, agar terjaga dari Brucellosis tadi,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.