Membangun Jiwa Nasionalisme PLN IP UBP Barito Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional 2024

0

PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Barito menggelar Upacara Peringatan Kebangkitan Nasional Ke-116 yang dipimpin Nyoman Sukma Aryawan, Manager PLN IP UBP Barito dan diikuti seluruh pegawai dihalaman kantor PLN IP UBP Barito pada Senin, 21 Mei 2024 pukul 08.00 WITA. Kegiatan ini merupakan momentum berharga untuk membangun jiwa nasionalisme yang berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara.

MENGUSUNG tema “Bangkit Untuk Indonesa Emas”, upacara berjalan dengan khidmat mengikuti setiap rangkaian susunan upacara, mempersembahkan penghormatan kepada bendera Merah Putih, pembacaan Undang-Undang 1945 dan Amanat. Upacara ini menjadi bagian refleksi atas perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan membangkitkan semangat nasionalisme.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan oleh Manajer PLN IP UBP Barito mengingatkan Kembali mengenai sejarah yang telah membentuk kebangsaan kita, melalui gagasan Kartini yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasaan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan, kemajuan dan memberikan inspirasi kaum muda “embrio bangsa”. Dimana ditangan kaum muda terdidik inilah kemerdekaan dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan. Dari merekalah semangat Kebangkitan Nasional lahir, pencetus cara berpikir baru.

BACA : PLN IP UBP Barito Perkuat Kesejahteraan Tenaga Kerja dalam Momentum Hari Buruh Menuju Lingkungan Kerja yang Produktif

“Lebih dari seabad lalu, pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo yang dimasa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Beodi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan Hari ini,” ungkap Sukma

Apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai “Jembatan Emas”, Bung Karno mengingatkan kita pentingnya “Momen” agar kita mengambil Keputusan yang tepat dan cermat untuk membawa kita pada jalan yang mengarah pada kebaikan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Diakhir sambutannya Menkominfo mengajak agar semua menatap masa depan dengan penuh optimesme, kepercayaan diri dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang didepan mata, momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa.

BACA JUGA : PLN IP UBP Barito Berikan Edukasi Untuk Generasi Muda Indonesia

“Tidak Mungkin lagi bagi kita lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045,” jelasnya.  

Acara ditutup dengan doa bersama untuk keselamatan dan kemajuan bangsa Indonesia. Dengan berakhirnya upacara Hari Kebangkitan Nasional ini, diharapkan semangat kebangsaan dan jiwa nasionalisme bertumbuh di hati setiap individu, serta menjadi pendorong utama dalam membangun Indonesia yang lebih maju, berdaulat, dan sejahtera.

PT PLN Indonesia Power adalah Generation Company terbesar se-Asia Tenggara Sub Holding BUMN kelistrikan yaitu PT PLN (Persero). PLN Indonesia Power selalu berkomitmen untuk menjadi perusahaan energi yang berbasis teknologi, inovasi, dan berorientasi pada masa depan menuju The NEW PLN 4.0 UNLEASHING ENERGY and BEYOND.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.