Semester Kedua 2023, Ekonomi Banjarmasin Diperkirakan Akan Membaik

0

WALIKOTA Banjarmasin H Ibnu Sina menyebutkan dalam semester kedua Tahun Anggaran 2023, kondisi perekonomian Kota Banjarmasin diperkirakan akan membaik.

HAL ini diungkapkannya pada saat menghadiri rapat Paripurna tingkat I tentang Rancangan Perubahan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Rancangan perda Prakarsa Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, yang berlangsung di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Banjarmasin. Senin (31/07/23).

BACA: Bimtek LKPM, Tingkatkan Daya Saing Perekonomian Banjarmasin

“Pemulihan ekonomi dan perilaku ekonomi makro diperkirakan akan berlanjut. Asumsi dasar ekonomi makro yang ditetapkan dalam APBD 2023 sebelum perubahan dipandang perlu untuk disesuaikan dengan kondisi terkini, penyesuaian ini diperlukan guna menghadapi perubahan kondisi ekonomi agar target dan sasaran ekonomi lebih realistis,” ucap H Ibnu Sina.

Ia menjelaskan, penurunan SiLPA (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran) pada tahun 2023 itu murni hasil audit yang dikeluarkan langsung oleh BPK (Badan Pengelola Keuangan).

“Jadi kalo misalkan SiLPA turun itu mempengaruhi proyeksi belanja Kita, akan tetapi Kota Banjarmasin ini masih di angka yang sangat wajar. Sehingga tidak ada masalah dengan APBD Kita tahun ini,” ujarnya.

BACA JUGA: Tak Lagi Ibukota Provinsi Kalsel, Apakah Suntikan Dana Pusat Seret ke APBD Banjarmasin?

Selanjutnya H Ibnu Sina juga menyinggung bahwa sekarang peraturan pajak daerah dan retribusi itu harus menjadi satu kesatuan, dan berharap hal ini dapat sesegeranya disetujui bersama.

“Karena sekarang sudah jadi satu antara pajak daerah dan retribusi maka Kita harus menyesuaikan. Semoga juga segera disetujui para dewan karena jika terlambat maka Kita tidak bisa memungut pajak,” harapnya.

“Kita harus cepat juga mengupdate data Kita, jangan sampai kategori pajak yang harusnya untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) tetapi yang bayar orang yang memiliki ruko dan lainnya. Jadi saya harap objek pajak Kita tepat sasaran sehingga APBD Kita bisa naik,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.