Peserta Kemah Bela Negara 2023 Di Kalsel Lampaui Target

0

PEMERINTAH Provinsi Kalsel dan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan terus melakukan berbagai persiapan teknis pelaksana Kemah Bela Negara (KBN) Tahun 2023, yang dijadwalkan pada 10 sampai 16 Juli 2023, di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

RAPAT koordinasi yang dilakukan Kwarda Kalsel dan Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel, Rabu (13/6/2023) di Aula Aberani Sulaiman, Kantor Setdaprov Kalsel di Banjarbaru, turut dihadiri Kepala Staf Korem 101/Antasari, Kol Inf Iwan Rosandriyanto.

Ketua Harian Kwarda Agus Salim menyebut, progres kegiatan sudah sampai pada tahap pendaftaran peserta KBN. “Sampai saat ini sudah tercatat 15 Kwarda yang mendaftar dengan keterlibatan sekitar 652 orang. Jika jumlah ini ditambah peserta dari Kwarda Kalsel dan Kwarcab di 13 kabupaten/kota, maka peserta mencapai 1.200 orang atau melebih jumlah yang ditargetkan yakni 1.000 peserta,” ujarnya.

BACA: Kwarnas Pramuka Survey Titik Lokasi Kemah Bela Negara 2023 Di Kalsel

Jumlah ini diperkirakan masih bertambah lagi, seiring kabar dari daerah lain yang minta tambahan kuota, seperti Kalteng, Kaltim dan Sulsel.

Namun disampaikan juga, ada beberapa kwarda yang masih kesulitan untuk keikutsertaan mereka. “Karena banyak juga agenda nasional lainnya, beberapa kwarda mengaku terkendala anggaran untuk ikut KBN ini,” jelasnya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin dalam berbagai kesempatan menyambut antusias gelaran Kemah Bela Negara Tahun 2023.

Disampaikan Paman Birin, ini membuktikan Provinsi Kalsel yang sekarang menjadi pintu gerbang Ibukota Negara (IKN) siap melayani para tamu dari seluruh Indonesia. “Kalsel Babussalam, pintu keselamatan bagi siapa saja yang datang ke Banua. Insya Allah, kita siap menjadi tuan rumah berbagai event nasional,” kata Paman Birin.

BACA JUGA: Wujudkan Cinta Tanah Air dengan Cara Menyenangkan

Peserta KBN 2023 adalah Pramuka Penggalang, yaitu peserta didik dengan rentang usia 11-15 tahun. KBN 2023 di Kalsel akan diisi berbagai kegiatan, antara lain moving camp dari Tahura menuju puncak Tengger Tahura Sultan Adam, melalui jalan Pangeran Surianata dengan jarak tempuh sekitar 13,9 km.

Kemudian, perlombaan olahraga tradisional seperti enggrang, terompah panjang, gebuk bantal, tarik tambang, balogo, sumpitan, panahan tradisional, lari balok, hadang, dan ketapel.

Dijadwalkan juga, penanaman mangrove sambil berwisata pantai, kunjungan ke museum dan perpustakaan daerah.

Selain itu, ada kegiatan satu hari bersama TNI/Polri dan Malam Bhineka Tunggal Ika. Untuk menggaungkan rasa bela negara, di setiap pagi sebagai penanda awal kegiatan, akan ada terompet yang diiringi Mars Bela Negara.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.