Kabupaten Tabalong Berhasil Menahan Laju Inflasi Dengan Sejumlah Komoditas

0

TURUN sebesar 1,06 persen dari bulan April yang mencapai 4,70 persen, kini kabupaten Tabalong telah berada di 3,64 persen dalam angka inflasi year on year bulan Mei 2023.

DATA tersebut diketahui berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik, yang menyebutkan terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 112,87 pada Mei 2022 menjadi 116,98 pada Mei 2023.

Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar bahan pokok seperti beras, telur ayam ras, tarif air minum, BBM, serta tarif transportasi angkutan. Sedangkan komoditas lain yang menahan laju inflasi diantaranya minyak goreng, daging ayam ras, cabai rawit, bawang merah, cabai merah, ikan, layang, dan ikan patin.

BACA: Tekan Laju Inflasi di Tanjung, TPID Tabalong Rutin Gelar Pasar Murah Jelang Idul Adha

Ketua Tim Statistik Harga BPS Tabalong Dessy Perdana menuturkan, adanya intervensi dari pemerintah daerah dan pemerintah provinsi, berupa pasar murah hingga subsidi sejumlah bahan pokok, menjadi salah satu faktor penurunan angka inflasi di bulan Mei 2023.

“Sangat mempengaruhi, karena dengan adanya pasar murah, permintaan di pasar jadi menurun. Jadi masyarakat yang biasanya banyak ke pasar, dengan adanya pasar murah sudah tercukupi kebutuhannya, jadi permintaan ke pasar pun akan semakin sedikit, dan bisa menahan harga untuk tidak naik,” ujar Dessy Perdana.

Dessy berharap inflasi dapat terus terkendali sehingga harga kebutuhan masyarakat tidak terlalu meningkat. Selain itu, dengan inflasi yang terkendali, masyarakat menjadi tidak dibebani dengan kebutuhan, tetapi pedagang pun tidak dirugikan dengan harga kebutuhan yang turun.

Diketahui, berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri terkait kondisi inflasi provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia pada bulan Mei 2023, Kabupaten Tabalong tercatat kembali masuk dalam 10 kabupaten dengan inflasi terendah se-Indonesia.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.