Rakerda LPTQ, Gubernur Kalsel Harapkan Qori/Qoriah Bertaraf Internasional

0

RAPAT Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023 digelar, sekaligus dengan Launching MTQ Ke-XXXIV Tingkat Provinsi Tahun 2023, di Aula Gawi Sabarataan, Kantor Walikota Banjarbaru, pada Rabu (7/6/2023).

ACARA dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, Kepala Kementerian Agama Kalsel HM Tambrin dan sejumlah pejabat lingkup Pemprov Kalsel.

Gubernur Kalsel dalam sambutannya, dibacakan Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar, menyambut baik dan mengapresiasi atas diselenggarakannya Rakerda LPTQ dan launching MTQ tingkat Provinsi Kalsel tahun 2023.

BACA: Jelang MTQ Tingkat Provinsi, LPTQ Gelar Musda

Diharapkan, dapat menghasilkan keputusan yang dapat memperkuat LPTQ secara organisasi.

Kemudian, dapat membuat program kerja, yang dapat meningkatkan kemampuan para qari dan qariah, para hafizh dan hafizhah, serta para duta Al-Qur’an, yang dipersiapkan untuk mengikuti MTQ/STQ, tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional.

“Rapat kerja bagi sebuah organisasi itu sangat penting, karena dapat mempengaruhi eksistensi dan peran organisasi selama ini,” ungkapnya.

“Selain itu, rakerda juga dapat dijadikan sebagai wahana, untuk melakukan evaluasi atas apa yang telah kita lakukan selama satu tahun terakhir, termasuk evaluasi pelaksanaan MTQ Nasional dan raihan prestasi di ajang tersebut,” sambungnya.

Hal penting lainnya yang menjadi catatan gubernur adalah, bagaimana LPTQ dapat membuat program yang bersentuhan dengan masyarakat, atau bermanfaat bagi masyarakat secara langsung.

BACA JUGA: LPTQ Wadah Pengembangan dan Pembinaan Dakwah

Dicontohkan, diklat Tahsinul Qur’an bagi para imam masjid, turut aktif dalam penyiapan materi khotbah Jum’at. Atau menjadi sarana referensi bagi para khatib untuk membuat khotbah, yang sesuai aturan agama, isi yang menyejukkan, dan tidak bertentangan dengan ideologi bangsa.

Selain itu, gubernur juga menyampaikan, memanfaatkan dengan teknologi informasi, maupun media sosial yang dimiliki, LPTQ dapat turut aktif dalam mencerdaskan ummat. Khususnya dalam menanamkan kecintaan terhadap Al-Qur’an, dan terus berupaya meningkatkan kemampuan membaca dan memahami Al-Qur’an.

Disebutkan, LPTQ memiliki peranan penting dalam mewujudkan generasi dan masyarakat indonesia yang qurani.

“Dengan begitu kita berharap, dapat meningkatkan kualitas ummat, meningkatkan kualitas generasi muda dan sumber daya manusia kita. hal ini sangat perlu kita lakukan, terlebih dalam menghadapi tantangan masa sekarang, dan masa-masa yang akan datang,” ujar gubernur.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.