Atlet Banjarmasin Juarai Balap Sepeda Dunia L’Etape Indonesia by Tour de France 2023 di Mandalika

0

AJANG balap sepeda jarak jauh tingkat dunia digelar L’Etape Indonesia by Tour de France 2023 di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (28/5/2023) menjadi hal menggembirakan bagi atlet Banjarmasin.

EVEN berskala internasional ini diikuti sebanyak 409 peserta dari Singapura, China, Brunei Darussalam Malaysia dan Indonesia harus menempuh 3 rute, yakni rute panjang sejauh 141 kilometer, rute jarak pendek sepanjang 79 kilometer, dan rute non-road sepanjang 48 kilometer.

Menariknya dari 4 kategori yang dipertandingkan, yakni Male Young Rider Below 25 years, Male Overall Category, King Of Sprint dan King Of Mountain, dijuarai oleh atlet balap sepeda asal Banjarmasin yaitu Muhammad Rivaldi Syah Putra dari Club Gobar Banua Polda Kalsel.

Muhammad Rivaldi Syah mengatakan, sebelum mengikuti ajang balap sepeda kelas dunia tersebut dirinya sudah jauh-jauh hari melalukan latihan dengan jarak minimal 700 kilometer dalam satu minggu harus tercapai, ketika pertandingan semua arahan pelatih dan manajer juga dilaksanakan dengan baik.

BACA : Harumkan Banua, Atlet Balap Sepeda Kotabaru Raih Juara II UCI XCO Woman Junior 2023 Thailand

“Sejak start saya bersama Rahmada Gazalib dan Abednego Evan Emanuella sudah menjalankan strategi pelatih, ditambah settingan sepeda dari mekanik yang mumpuni di tangan Ary Putra Wibowo, akhirnya saya bisa meninggalkan lawan dengan selisih 8 detik,” ucap Muhammad Rivaldi Syah kepada awak media di Banjarmasin, Rabu (7/6/2023).

Dia menyampaikan apresiasi tinggi kepada Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi yang sudah full memfasilitasi. Sesuai arahan Kapolda, Rivaldi mengaku tengah melakukan persiapan guna mengikuti tiga ajang balap sepeda bergengsi di Jawa-Bali.

BACA JUGA : Berprestasi di Ajang INC 2022, 3 Pebalap Sepeda Kalsel Masuk Timnas ISSI

“Terima kasih atas hadiah sepeda balap yang sudah diberikan, memang dari latihan sampai mengikuti ajang balap, saya hanya meminjam sepeda dari club lama saya yakni 42+ Wallout,” papar mahasiswa Uniska ini.

Adapun rute panjang 141 kilometer yang dilalui para pembalap mulai dari red gate sirkuit Mandalika, Kuta Mandalika, Pujut, Praya Barat, Praya Barat Daya, Jonggat depan kantor Bupati Lombok Tengah, Kecamatan Praya, Kopang, Janapria, Mujur Praya Timur, Praya Tengah, Bypass Mandalika dan finish di green gate Sirkuit Mandalika.

BACA JUGA : Dari Atlet Lari Maraton Era 90-an, Kai Api Turut Mempopulerkan Wisata Siring Tendean

Sementara rute jarak pendek 79 kilometer, dimulai dari red gate Sirkuit Mandalika, Kuta Mandalika, Pujut, Praya, Praya Tengah (simpang 4 Batu Nyala) Bypass Mandalika dan finis di green gate Sirkuit Mandalika.

Untuk rute non-road bike 48 kilometer) mulai dari red gate Sirkuit Mandalika, Pujut, Bypass Mandalika dan finish di green gate Sirkuit Mandalika.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.