Antisipasi Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan, Pemkab HSS Menggelar Apel Siaga Bencana

0

SEBAGAI upaya konkrit dalam menghadapi serta menanggulangi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan, di saat musim kemarau yang kini telah berlangsung sesuai prediksi BMKG, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan telah menggelar Apel Siaga Darurat Bencana Karhutla, di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Selasa (06/06/2023).

APEL yang diikuti dari pihak TNI/Polri, Satpol PP, Pemadam Kebakaran serta beberapa komponen terkait lainnya, berkomitemen akan terus berupaya mencegah dan mengawasi potensi penyebab kebakaran.

Bupati HSS H Achmad Fikry yang memimpin apel mengajak seluruh masyarakat untuk ikut waspada dan membantu mencegah timbulnya potensi Karhutla. “Sebagai wujud bentuk komitmen bersama dalam rangka memperkuat sinergitas untuk kebakaran hutan dan lahan, tidak hanya tugas pemerintah daerah melainkan tugas kita bersama. Perlu kesadaran masyarakat, yang penting pada saat terjadi bencana kita sudah siap peralatan untuk menangani,” kata Bupati HSS.

BACA: Siasat Petani Hiyung Tangani Lahan Saat Karhutla

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD HSS Kushairi menambahkan, langkah kongkrit yang sudah dilakukan dalam menanggulangi terjadinya Karhutla ialah sudah dibentuknya posko baik di kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa.

“Jika terjadi bencana, tugas pertama adalah desa yang menangani, kalau desa kewalahan baru kita pemda yang turun. Termasuk karhutla, meskipun untuk saat ini belum ada titik api di Kabupaten HSS,” tuturnya.

“Ada beberapa desa khususnya daerah perairan sudah punya alat pemadam kebakaran portable yang bisa dimasukan ke kapal kecil untuk menuju titik api, tetapi ada permasalahannya pada saat titik api ditemukan sumber air tidak ada. Hal inilah yang menjadi tugas BPPD untuk kontak Pemprov Kalsel dengan mendatangkan helikopter. Sepanjang sumber air ada, mungkin bisa kita tangani sendiri,” tuturnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/06/06/antisipasi-bencana-kebakaran-hutan-dan-lahan-pemkab-hss-menggelar-apel-siaga-bencana/
Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.