Perebutan Kursi Ketua NU Kalsel Makin Seru, Syaifullah Tamliha-Darul Quthni Disebut Masuk Bursa Kandidat

0

BURSA kandidat Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama (NU) Kalsel periode 2023-2028 makin gemuk dan seru. Sejumlah tokoh Nahdiliyin dilaporkan akan berlaga di Konferensi Wilayah (Konferwil) NU Kalsel IX di Ponpes Rakha Amuntai pada 8-11 Juni 2023.

JIKA sebelumnya disebutkan ada tiga nama yang bakal berlaga memperebutkan 15 suara dari PCNU se-Kalsel di ajang Konferwil IX 2023, ternyata bursa kandidat kini bertambah.

Ada dua nama yang disebut-sebut sebagai kandidat. Yakni, anggota DPR RI dari Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha yang juga tokoh muda NU Kalsel dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Kemudian, Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin periode 2021-2024, KH Darul Quthni dan pernah menjadi pengurus PWNU Kalsel peridoe 2003-2012 disebut-sebut bakal maju. Ini setelah, kabarnya Darul Qutni yang merupakan mantan pejabat Kemenag di Kalsel.

BACA : Ditunjuk PBNU, KH Hasib Salim Resmi Nakhodai PWNU Kalsel

Masuknya dua nama ini makin meramaikan persaingan di bursa calon Ketua NU Kalsel. Sebelumnya, Ketua PWNU Kalsel periode 2021-2023, KH Abdul Hasib Salim, Sekretaris Umum MUI Kalsel Nasrullah AR yang juga Wakil Ketua PWNU Kalsel hingga Ketua PBNU serta Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel, H Muhammad Tambrin dikabarkan ikut bersaing jelang Konferwil IX 2023.

“Saat ini, sudah mulai mengemuka lima nama kandidat Ketua NU Kalsel jelang Konferwil IX 2023 di Ponpes Rakha Amuntai. Kabarnya, anggota DPR RI Syaifullah Tamliha dan Ketua Banlo Masjid Raya Sabilal Muhtadin, KH Darul Quthni juga maju karena mendapat restu dan dukungan dari Paman Birin (Gubernur Kalsel Sahbirin Noor),” ucap sumber terpercaya di NU Kalsel kepada jejakrekam.com, Minggu (4/6/2023).

BACA JUGA : Jelang Konferwil IX 2023 Di Ponpes Rakha Amuntai, 3 Nama Kandidat Ketua NU Kalsel Mulai Beredar

Menurut dia, masing-masing kandidat Ketua NU Kalsel telah memiliki tim sukses (timses) guna melobi para pemilik suara terutama di 15 PCNU se-Kalsel.

Sementara itu, Nasrullah AR merespons namanya masuk dalam bursa kandidat Ketua NU Kalsel.

“Terima kasih, tentu sebagai kader NU harus berkhidmat untuk ummat, berkhidmat untuk masyarakat, dan luruskan niat semata-mata karena Allah SWT,” ucap Nasrullah AR yang juga mantan anggota DPRD Kalsel dari Fraksi PPP ini.

BACA JUGA : Sosok Hasib Salim Lebih Diunggulkan Kembali Pimpin NU Kalsel Di Konferwil IX 2023

Jebolan Ponpes Rakha Amuntai ini berpesan agar siapa pun yang akan terpilih menjadi ketua, tentu sesuai tradisi harus menghormati ulama atau kiai.

“Nah, kalau tidak bsia, tentu harus membantu NU jangan jsutru menghalangi bantuan untuk NU karena itu semua demi kemashlatan ummat,” ucap Nasrullah.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel H Muhammad Tambrin enggan mengomentari namanya yang masuk bursa kandidat Ketua NU Kalsel ke depan. “Nama saya masuk bursa, siapa yang memunculkannya? Salam hormat,” kata Tambrin, singkat.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/06/04/perebutan-kursi-ketua-nu-kalsel-makin-seru-syaifullah-tamliha-darul-quthni-disebut-masuk-bursa-kandidat/
Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.