Ngaku Tim Buser, Timsus Polda Kalsel dan Macan Barbar Ringkus Komplotan Pemeras

0

MODUS baru pemerasan terjadi di Kalimantan Selatan.  Komplotan pemeras ini mengaku sebagai anggota Buser dengan nama Tim Kumba. Mereka bertindak laiknya polisi memperlakukan penjahat dengan memborgol korban.

RESAH atas perilaku para pelaku dari laporan para korban, Tim Khusus (Timsus) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kalsel bersama Tim Macan Barbar berhasil membekuk empat pelaku di empat lokasi berbeda di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, Jumat (2/6/2023) malam.

Para pelaku pemerasan dengan modus mengaku sebagai polisi yang dibekuk polisi adalah MAA (43 tahun) warga Jalan Karang Anyar 3, Komplek Widya Citra Pesona Blok K 1 RT 27 Kota Banjarbaru. Kemudian, ES (33 tahun) warga Komplek Pesona Bincau, Blok D, RT 11, Kabupaten Banjar.

BACA : Ditetapkan Tersangka Kasus Pemerasan, Oknum Pegawai BKD Kalteng Jatuh Sakit

Kemudian, MWF (33 tahun) warga Japan Irigasi Teluk Sanggar RT 7, Desa Bincau, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar dan HD (35 tahun) warga Komplek Bincau Indah II RT 6 Desa Bincau, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

Kejadian berawal saat Safrudin, warga Jalan Tambak Buluh, Kecamatan Landasan Ulin, menerima gadai mobil pada Minggu (21/5/2023). Kemudian datang orang yang mengaku pemilik bersama beberapa orang yang mengaku sebagai anggota Buser Tim Kumba guna mengambil mobil korban.

Bahkan salah satu dari mereka memukul dan memborgol korban. Kemudian, para pelaku meminta uang sebesar Rp 10 juta dengan ancaman jika tidak korban diancam akan dipidanakan. Korban kemudian meminjam kepada saudaranya dan menyerahkan uang sebesar Rp 7 juta. Atas kejadian itu, korban melapor ke Polsek Liang Anggang.

BACA JUGA : Diatensi Polri, Bikin Resah, Kapolda Kalsel Instruksikan Polisi Lawan Aksi Kekerasan Debt Collector

Menindaklanjuti laporan korban, Timsus Ditreskrimum Polda Kalsel membackup Macan Barbar melakukan penyelidikan. Kemudian, tim gabungan dipimpin Ipda Julpensius Purba bergerak cepat untuk melakukan pengejaran dan menangkap para pelaku.

Empat tersangka komplotan pemeras yang berhasil ditangkap bersama barang bukti kejahatannya. (Foto Polda Kalsel)

——-

Berdasar pengakuan para tersangka, aksi kejahatan ini sudah sering dilakoni komplotan ini. Para korban diborgol dan diperas uangnya. Bahkan, di Kabupaten HSS, motor seorang ibu ditarik paksa oleh komplotan ini hingga uang Rp 30 juta dalam tas korban turut dirampas.

BACA JUGA : Pelaku Pembakaran Mobil Anggota DPRD Kalsel Ditangkap, Kapolda Tegaskan Tak Ada Motif Politik

Direktur Reskrimum Polda Kalsel Kombes Pol Hendri Budiman melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochammad Rifa’i membenarkan Timsus Polda Kalsel dan Macan Barbar telah berhasil mengamankan para pelaku pemerasan dengan modus baru ini.

“Masih ada tiga pelaku yang buron. Kami imbau tiga orang yang belum tertangkap ini segera menyerahkan diri. Karena Timsus Polda Kalsel dan Macan Barbar akan mengejar kemana pun mereka lari,” tegas perwira menengah Polda Kalsel ini kepada awak media di Banjarmasin, Minggu (4/6/2023).(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.