Kontingen Kalsel Berkiprah di Nasional, Lurah Pasar Lama Sabet 3 Penghargaan Paralegal Justice Award 2023

0

AJANG penghargaan malam anugerah Paralegal Justice Award (PJA) 2023 dihelat Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM RI di Discovery Hotel Ancol, Jakarta, Kamis malam (1/6/2023) menjadi sebuah kebanggaan bagi warga Banua.

AJANG ini pun diikuti ratusan kepala desa (kades) dan lurah seluruh Indonesia yang dilatih Paralegal Academy sebagai mediator kasus hukum pada 29 Mei-2 Juni 2023. Tercatat, ada 294 paralegal yang mendapat pelatihan untuk bisa menerapkan restorative justice dalam permasalahan pidana ringan dan konflik di desa atau kelurahan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Faisol Ali dalam keterangan tertulis menyebut pada Paralegal Award 2023  menempatkan sejumlah perwakilan Kalsel meraih penghargaan.

Ada 3 kategori dalam penghargaan PJA 2023. Yakni, kategori PJA kepada peserta yang mendapatkan Non Litigation Peacemaker dan Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita.  Kemudian, kategori Non Litigation Peacemaker (NLP) dan Anubhawa Sasana Desa Jagadditha.  

BACA : Korban Sepakat Berdamai, Kasus Curi Pakaian Di Saka Permai Diselesaikan Secara Restorative Justice

Perwakilan Kalsel dari Kota Banjarmasin yakni Lurah Pasar Lama, Yandi Gunawan berhasil merebut tiga kategori penghargaan dalam ajang PJA 2023.

Kontingen Kalsel berisi kepala desa dan lurah yang mengikuti ajang PJA 2023 di Jakarta. (Foto FB Yandi Gunawan)

—-

“Alhamdulillah, hari ini kita berhasil memperoleh penghargaan. Terima kasih kepada semua pihak. Terkhusus kepada Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin, Sekda Kota Banjarmasin, rekan-rekan di Kejari Bannjarmasin, Kakanwil Kemenkumham Kalsel, para kepala SKPD, camat, para lurah, keluarga dan semua pihak atas dukungannya,” ucap Lurah Pasar Lama, Yandi Gunawan dalam akun FB dikutip jejakrekam.com, Sabtu (3/6/2023).

BACA JUGA : Kajati Perintahkan Rumah Restorative Justice di 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel Segera Dibentuk

Selain Yandi Gunawan, Kades Tanda, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong Budi Irianto. Kemudian, Bumukti dari Desa Padang Panjang, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong turut meraih penghargaan. Ada pula, Lurah  Sungai Baru Kota Banjarmasin, Zelia Hadist ikut mengecap penghargaan PJA tersebut.

Sedangkan, penerima Anugerah Sasana Desa Jagaddhita (ASDJ) di Kalsel adalah Ahmadi dari Desa Madurejo, Sambung Makmur, Kabupaten Banjar dan Khusnul Huluki Desa Api-api, Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu.

BACA JUGA : Perdana Di Kalsel, Desa Lungau Jadi Kampung Restorative Justice

“Kami berharap penghargaan ini dapat memacu para kepala desa dan lurah untuk membantu penanganan permasalahan hukum ringan yang ada di daerah, sehingga tidak perlu sampai di aparat penegak hukum apalagi ke pengadilan, sehingga bisa mengurangi kapasitas penjara baik di Rutan maupun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas),” ucap Kakanwil Kemenkumham Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.