Didominasi Penyelenggara Pemilu, 8 Nama Bersaing Perebutkan 2 Kursi Komisioner Bawaslu Kalsel

0

PEREBUTAN dua kursi komisioner Bawaslu Provinsi Kalsel mulai mengerucut. Hingga kini, sudah tercantum 8 besar yang memuat nama-nama bakal calon lolos uji tes tertulis dan psikologi.

PENGUMUMAN hasil tes tertulis dan psikologi bakal calon anggota Bawaslu Kalsel periode 2023-2028 ini bernomor 006/KP.01/ Timsel .Bawaslu-Kalsel /06/2023, tanggal 1 Juni 2023.

Pengumuman ini diteken Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kalsel, M Irfan Islamy dan sekretarisnya, Muhammad Alif beredar di media sosial.

Dari 8 nama yang lulus didominasi para penyelenggara Pemilu baik di KPU maupun Bawaslu, merupakan para kandidat yang disaring dari 52 nama sebelumnya. Menariknya, formasi calon komisioner yang lolos ini terdiri dari 3 perempuan dan 5 laki-laki. Selanjutnya, mereka yang lolos akan mengikuti tes kesehatan dan wawancara akan diumumkan kembali melalui lama resmi Bawaslu Provinsi Kalsel.

BACA : Diisi Akademisi UIN Antasari-ULM Plus Aktivis Demokrasi, Dicari 2 Komisioner, Ini 5 Timsel Bawaslu Kalsel

Untuk diketahui, ada dua kursi komisioner Bawaslu Kalsel yang akan segera lowong. Yakni, jabatan yang akan ditinggalkan oleh Azhar ‘Aldo’ Ridhanie saat ini masih menjadi Ketua Bawaslu Kalsel.

Bersama Aldo, koleganya Nur Kholis Majid di Bawaslu Kalsel periode 2018-2023 akan mengakhiri masa jabatannya pada 24 Juli mendatang.

BACA JUGA : 3 Komisioner Baru Dilantik, Azhar ‘Aldo’ Ridhanie Terpilih Jadi Ketua Bawaslu Kalsel

Sedangkan, tiga komisioner Bawaslu Kalsel lainnya, yakni Aries Mardiono, Akhmad Mukhlis, dan Muhammad Radini terpilih dan dilantik pada 21 September 2022 lalu dengan masa jabatan 2022-2027.

8 Nama yang Lulus Tes Tertulis dan Psikologi adalah

  1. Des Rizal Rachman Rofiat Darajot (ASN) yang sebelumnya anggota Panwaslu Tanah Bumbu.
  2. Hegar Wahyu Hidayat, Ketua KPU Kota Banjarbaru
  3. Mailinasari, Ketua Bawaslu Hulu Sungai Tengah (HST).
  4. Mastawan, Anggota Bawaslu Kota Banjarmasin
  5. Muhammad Syahrial Fitri, Anggota Bawaslu Kabupaten Banjar.
  6. Muhammad Syafii, Anggota Bawaslu Kabupaten Barito Kuala.
  7. Rahmiyati Wahdah, Ketua KPU Kota Banjarmasin
  8. Thessa Aji Budiono, Ketua Bawaslu Kabupaten Tapin.

BACA JUGA : Tinggal Cari 2 Komisioner Lagi, Aries-Mukhlis-Radini Anggota Bawaslu Kalsel Terpilih

“Kepada masyarakat dapat memberi tanggapan tertulis terhadap bakal calon anggota Bawaslu Kalsel yang ditujukan ke Tim Seleksi Bawaslu Kalsel. Untuk identitas pelapor akan dirahasiakan,” begitu pernyataan Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Kalsel, Irfan Islamy,  dalam surat pengumuman itu.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.