Anggaran Jalan Baru Bandara Syamsudin Noor Gol, Walikota Banjarbaru Jamin Lahan Sudah Siap Digarap

0

TERBITNYA Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2023 yang diteken Presiden Jokowi dengan alokasi dana Rp 2 triliun di APBN 2023, di antaranya jatah Rp 462 miliar bagi pembangunan akses jalan Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru.

KABAR ini pun disambut hangat oleh Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, terlebih lagi informasi itu disampaikan oleh anggota Banggar DPR RI dari Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha.

“Kabar ini menandakan bahwa pembangunan proyek jalan baru tersebut telah mendapat lampu hijau dari pemerintah pusat. Selanjutnya, dana itu akan dikucurkan melalui Kementerian PUPR,” ucap Walikota Aditya Mufti Ariffin kepada awak media di Banjarbaru, Sabtu (3/6/2023).

Ketua DPW PPP Kalsel ini mengucap syukur, karena alokasi anggaran dalam proyek strategis nasional di Banjarbaru telah mendapat dukungan pemerintah pusat.

“Untuk lahan sudah siap. Semoga bisa segera terealisasi dan ke depan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Ovie, sapaan akrab Aditya yang juga mantan anggota Komisi III DPR RI ini.

BACA : Gol! Anggaran Pembangunan Akses Jalan Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru Dikucurkan Rp 462 Miliar

Dinas PUPR Kota Banjarbaru merespons kabar baik itu, karena direncanakan pembangunan akses jalan baru bandara akan dikerjakan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel.

Kolaborasi Dinas PUPR Kota Banjarbaru dan Pemprov Kalsel Kalsel telah menuntaskan tugasnya sendiri dengan membebaskan lahan yang masuk titik koordinat akses jalan baru ke bandara.

“Kami dari Dinas PUPR Banjarbaru terlibat di tim pengadaan tanah untuk pembebasan jalan tersebut. Walaupun untuk anggaran pembebasan lahannya juga dari Pemprov Kalsel. Proses ini telah selesai dan tinggal pembangunan jalan saja,” kata Kabid Binamarga PUPR Banjarbaru, Adi Maulana.

BACA JUGA : Sempat Bersengketa, Jalan Menuju Bandara Syamsudin Noor Kini Sudah Mulus

Bagi Adi, dengan anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat sebesar Rp 462 miliar itu, tidak mutlak hanya untuk satu proyek pembangunan jalan saja. “Melainkan adanya pembangunan ruas jalan lain yang akan dikerjakan,” ucapnya.

Soal lokasi pembangunan jalan bandara yang diusulkan oleh Dinas PUPR Banjarbaru dan Pemprov Kalsel akan terhubung dari Jalan Lingkar Utara akses Bandara Syamsudin Noor ke jalan baru di Kelurahan Guntung Payung, menuju Jalan A Yani, tidak jauh dari seberang makam Pulau Beruang.

BACA JUGA : Bandara Syamsudin Noor Diharapkan Memberi Dampak Positif Kepada Masyarakat

“Jalan baru yang akan dibangun memiliki panjang sekitar 3 kilometer dengan lebar 50 meter sampai simpang jalan masuk akses bandara. Dibutuhkannya akses jalan baru ini karena kita melihat masyarakat masih kesulitan mencari akses masuk ke bandara,” imbuh Adi.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.