Purna Paskibraka Duta Pancasila Provinsi Kalsel Dikukuhkan

0

GUBERNUR Kalsel H Sahbirin Noor, melalui Sekdaprov Roy Rizali Anwar melakukan pengukuhan Purna Paskibraka Duta Pancasila Provinsi Kalsel Tahun 2023, di Gedung Idham Chalid, Setdaprov di Banjarbaru, pada Kamis (1/6/2023).

PENGUKUHAN dilakukan selepas pelaksanaan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, yang digelar di lapangan Kantor Gubernur Kalsel, di Banjarbaru.

Sebanyak 39 Purna Paskibraka Pemerintah Provinsi Kalsel Tahun 2022 yang dikukuhkan, sebagai Purna Paskibraka Duta Pancasila Tahun 2023.

Tampak hadir dalam pengukuhan itu Kepala Kesbangpol Pemprov Kalsel Heriansyah, serta para pengasuh Purna Paskibraka Kalsel.

BACA: Gubernur Kalsel: Duta Pancasila Tugas Mulia Negara

Sebagaimana diketahui, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyampaikan, Purna Paskibraka Duta Pancasila merupakan role model yang harus selalu berpedoman pada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, bagian Paskibraka itu sudah tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Paskibraka.

Dalam Pasal 1 Perpres 51 tahun 2022 dimandatkan bahwa Paskibraka merupakan kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

BACA JUGA: Pancasila dan Pemilu Rakyat

BPIP juga memaparkan sejarah Paskibraka yang digagas oleh Bung Karno pada 1946 dengan menugaskan Ajudanya Mayor (Purn) Husein Mutahar untuk mencari pemuda pemudi dari seluruh penjuru Indonesia.

Karena keterbatasan pada tahun 1946 jumlah Paskibraka sejumlah 5 orang yang terdiri dari 3 pria dan 2 wanita.

Kemudian pada tahun 1967 terdapat inovasi formasi yaitu 17 orang pengiring (pemandu), 8 orang pembawa bendera (inti), dan 45 orang pengawal, hal ini menunjukan simbol Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.