Peringati Hari Lahir Pancasila 2023, Gubernur Kalsel: Pancasila Ideologi yang Menyatukan Berbagai Keragaman

0

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, di halaman kantor Sekda Provinsi Kalsel, di Banjarbaru, Kamis (1/6/2023).

BERTINDAK sebagai Inspektur Upacara, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau biasa di sapa Paman Birin.

Presiden Joko Widodo dalam amanatnya yang dibacakan gubernur menyampaikan, bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar dan pandangan hidup berbangsa dan bernegara.

BACA: Purna Paskibraka Duta Pancasila Provinsi Kalsel Dikukuhkan

“Pancasila merupakan ideologi yang menyatukan berbagai keragaman yang ada. Untuk itu, sudah selayaknya kita mengaktualisasikan Pancasila dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam sendi-sendi kehidupan kita,” ucap gubernur membacakan amanat presiden.

Menurutnya, Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya itu, tantangan ke depan akan semakin berat, maka nilai-nilai Pancasila dapat menjadi filter, sehingga masyarakat tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Apalagi saat ini, bangsa kita dapat melalui krisis pandemi covid-19, ini membuktikan bahwa Pancasila dan bangsa begitu kuat. Sehingga Indonesia emas tahun 2045 dapat terwujud,” ungkapnya.

BACA JUGA: Gubernur Kalsel : Duta Pancasila Tugas Mulia Negara

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023,” kata H Sahbirin Noor di akhir sambutannya.

Untuk diketahui, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut, diikuti oleh TNI/Polri, ASN, Dewan Harian Nasional Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHN 45), Resimen Mahasiswa hingga pelajar.

Setelah melaksanakan upacara, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor juga melaunching bendera merah putih yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan peserta upacara.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.