Dukung Usaha UMKM, Zairullah Gratiskan Tenda Berjualan di Pesta Mappanre Ri Tasi’e

0

PESTA Pantai Mappanre Ri Tasi’e Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, para pelaku UMKM merasa sangat bersyukur.

PASALNYA, tahun 2023 ini dikepemimpinan Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairuillah Azhar, memberikan fasilitas yang luar biasa kepada pelaku usaha UMKM.

Fasilitas itu adalah tenda yang digratiskan untuk UMKM selama ajang pesta Mappanre Ri Tasie dan Expo Pembangunan dari 20 Mei hingga 4 Juni.

BACA JUGA: Bupati Zairullah Hadiri Silaturahmi dan Rakor Forum RT se-Tanbu

Pelaku usaha ini pun sangat berterimakasih dengan apa yang telah dilakukan Bupati karena baru tahun ini, stand untuk pelaku usaha menengah mikro kecil di gratiskan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang harus merogoh gocek untuk membayar stand untuk berjualan dengan nilai jutaan rupiah. Namun tahun ini, Pemerintah Daerah justru menggratiskannya.

” Alhamdulillah, tahun ini saya bisa berjualan es dan makanan karena tenda berjualan, gratis. Kalau tahun yang sebelumnya, kami berpikir keras karena jualan tidak seberapa tendanya harus bayar, ” kata pedagang berbagai macam jenis minuman segar, Lisnawati.

BACA JUGA: Tanbu Raih Juara Inovasi Teknologi Tepat Guna

Ia bersyukur bisa terlibat untuk memeriahkan acara Mappanre Ri Tasie yang digelar setiap tahun sekali ini, di tahun ini dan berharap tahun depan kembali digratiskan.

“Saya merasa senang sekali dan terimakasih kepada pa Bupati karena sudah menggratiskan stand untuk masyarakat berjualan, ” katanya.

Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar, mengatakan dalam rangkaian acara budaya tahun ini, target utamanya adalah peningkatan ekonomi masyarakat. Sebab, menurut Bupati Zairullah Azhar ini adalah upaya pemerintah daerah untuk memfasilitasi produk UMKM agar bisa dilihat masyarakat luar.

BACA JUGA: Jajaran Pemkab Tanbu Gotong Royong Persiapkan Pelaksanaan Expo Pembangunan

Kegiatan pameran pembangunan ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT bahwa kegiatan ini menunjukan sebuah hasil karya masyarakat Tanah Bumbu baik dari masyarakat, Pemerintah Daerah maupun dari dunia usaha, untuk disuguhkan.

“Alhamdulillah, ini luar biasa bahkan tamu kita dari luar daerah juga menyampaikan terima kasih, sehingga ini menjadi ajang yang membahagiakan dan kita berdoa semoga kegiatan ini kedepannya hasil rakyat semakin meningkat tentu rezeki meningkat,” kata Bupati Zairullah Azhar.

Ekonomi kerakyatan tersebut, sambungnya, akan memberikan dampak pertukaran informasi tentang pangsa pasar yang dipamerkan di sini.

BACA JUGA: Tim Penilai Provinsi Nilai 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tanbu

Zairulllah pun berharap kegiatan ini akan dievaluasi dan akan memfasilitasi para pelaku UMKM dengan cara mengadakan kegiatan serupa dalam satu tahun setidaknya 2 kali.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Dr Ambo Sakka mengungkapkan even ini merupakan agenda tahunan pemerintah daerah, sekaligus ini bertepatan dengan momen Hari Jadi ke-20 Kabupaten Tanah Bumbu.

“Melalui kegiatan ini kita berharap pula, berdampak pada pengembangan ekonomi, kerena yang banyak mengikuti kegiatan ini adalah UMKM dan berbagai perusahaan sehingga roda perekonomian Tanah Bumbu yang selama ini cukup bagus bisa kita tingkatkan lagi,“ beber Sekda.

BACA JUGA: PAP Terus Digenjot, Seluruh Perusahaan di Tanbu Bakal Dikumpulkan Lagi

Adapun data peserta pameran yang hadir juga bukan hanya dari Tanbu tetapi ada dari luar daerah, di antaranya ada Dekranasda Kalsel, Banjarbaru dan Tanah Bumbu.

Selain itu, ada 12 Perusahaan, 2 Perusahaan Daerah, dan 41 SKPD. Sementara itu, untuk asosiasi dan binaan ada 7 yaitu Kadin, Iwapi, DAD, Kumdutus, PPJI (Banjarmasin, Kotanary, Tapin dan Tabalong serta ada GKN (Tanah Laut, Tabalong, Banjar, Banjarbaru, HSU dan HST).  Bahkan Untuk UMKM binaan perusahaan ada 30.

” Untuk keseluruhan, stand diroder 68 stan pameran dan diluar roder 240 stand untuk pedagang, “imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.