Sebanyak 567 Calon Jamaah Haji Asal Banjarmasin, Siap Diberangkatkan

0

MEMASUKI musim haji 1444 Hijriah tinggal hitungan minggu. Calon jamaah haji (CJH) asal Banjarmasin tinggal menunggu waktu keberangkatan.

DIPAPARKAN oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama H Zainal Muttaqim, bahwa persiapan yang dilakukan adalah dalam hal keberangkatan dari semua jamaah haji Kota Banjarmasin, telah dipersiapkan.

“Yang akan berangkat tahun ini ada sebanyak 567 orang, yang mana telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH)nya,” ujarnya H Zainal Muttaqim, saat ditemui di kantornya, Rabu (24/5/2023).

BACA: Kukuhkan PPIH Embarkasi Banjarmasin, Gubernur Kalsel: Berikan Layanan Prima Ke Jamaah Calon Haji

Untuk embarkasi Banjarmasin sendiri, CJH asal Kota Banjarmasin sendiri dijadwalkan masuk asrama pada tanggal 28 Mei 2023 dan akan berangkat di tanggal 29 Mei 2023.

Kepastian berangkat untuk CJH asal Banjarmasin terbagi menjadi 6 kloter, yaitu di kloter 7, kloter 11, kloter 12, kloter 13, kloter 14, kloter 15, dan kloter 17.

Zainal juga menuturkan, terkait CJH yang memasuki usia rentan dari Banjarmasin ada sekitar 43 orang, namun yang berangkat hanya ada belasan orang. “Hal ini disebabkan, pada tahun ini keberangkatan calon jamaah berdasarkan kebijakan yang baru. Untuk jamaah usia rentan tidak ada pendampingan,” tuturnya.

“Sehingga banyak dari mereka yang tidak berani untuk berangkat tahun ini, karena kebijakan baru itu,” tambahnya.

BACA JUGA: Dinkes Pastikan Seluruh Jemaah Haji Kota Banjarmasin Negatif Covid-19

Disamping tidak adanya pendampingan itu, juga tidak ada penggabungan mahram, yakni jika (pasangan) mereka tidak mendaftar berbarengan.

Sebenarnya kuota calon jamaah haji asal Banjarmasin ialah 764 orang, namun 197 orang masih belum melunasi BPIH, sehingga hanya 567 orang GHJ yang akan berangkat. Untuk Kalimantan Selatan sendiri memiliki kuota haji sebanyak 3.818 orang.

“Jumlah ini meningkat beberapa kali lipat dari tahun sebelumnya, di mana Banjarmasin hanya mendapatkan kuota sekitar 200an orang untuk CJH,” ungkapnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.