Isteri Gubernur Kalsel Pantau Operasi Pasar, Warga Berterima Kasih Dapatkan Harga Subsidi

0

GELARAN pasar murah dan operasi pasar yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), di Siring 0 Kilometer hingga halaman Kantor Gubernur di Banjarmasin, di sambut antusias warga.

DITINJAU langsung Hj Raudatul Jannah, istri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, warga berbondong-bondong membeli aneka kebutuhan pokok, Jumat (19/05/2023).

Berbagai kebutuhan pangan seperti beras, telur, minyak goreng, gula, daging ayam, daging sapi, ikan segar, bawang, cabai dan berbagai jenis sayuran lainnya, dijual murah dengan harga subsidi mulai Rp 5000 hingga Rp 15.000, bahkan hingga Rp 50.000.

BACA: Kendalikan Inflasi, Pemprov Kalsel dan Pemkab Tabalong Gelar Pasar Murah

Kegiatan pasar murah dan operasi pasar ini dimaksudkan untuk mengendalikan inflasi pangan, terlebih menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Pasar murah di kawasan Taman Siring 0 Kilometer Banjarmasin ini di jadwalkan berlangsung selama tiga hari, 19-21 Mei 2023.

Hj Raudatul Jannah yang juga Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kalsel menyebutkan, kegiatan ini dimaksudkan dapat meringankan beban masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Barang yang dijual ini In saa Allah di bawah harga pasaran, karena ada subsidi dari pemerintah, dan ini kita berharap bisa meringankan beban masyarakat, dan juga bisa di manfaatkan oleh mayarakat, yang betul-betul memerlukan. Jadi ini belanja untuk keperluan rumah tangga, bukan untuk di jual lagi. Jangan untuk di jual, tapi untuk keperluan rumah tangga,” tegasnya.

BACA JUGA: Ada Beras Hingga Sayuran, KADIN dan IWAPI Kalsel Gelar Pasar Murah

Warga pun menyambut baik dengan gelaran pasar murah dan operasi pasar ini.

Lina (34 tahun) salah satu warga mengatakan, harga subsidi yang diberikan oleh pemerintah sangat membantu mengurangi uang belanja mereka. “Alhamdulilah. Ada pasar murah, jadi kita bisa belanja lebih banyak buat sehari-hari,” kata Lina.

Senada dengan Lina, Umi (48 tahun) warga Banjarmasin lainnya mengaku setiap gelaran operasi pasar, dirinya selalu berusaha untuk membeli sesuai kemampuannya. “Ikan, beras, telur, bawang sayur, buat di rumah keperluan sehari hari, masih mending lah murah. Kalau di pasar bawang 42 per kg, di sini 30 aja. Beras 65 (namun) di sini 50, lebih murah,” ujar Umi.

Gelaran pasar murah ini di laksanakan di tiga kabupaten/kota dengan angka inflasi tertinggi di Kalsel yakni Kota Banjarmasin, Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Kotabaru.

Dengan gelaran pasar murah dan operasi pasar secara berkelanjutan, angka inflasi Kalsel berhasil ditekan dari 6,56 persen di bulan Maret 2023 menjadi 5,47 persen di bulan April 2023, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Kalsel per April 2023.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.