DPRD Barito Utara Pertanyakan Tenaga Kesehatan Di Wilayah Pelosok

0

KEBERADAAN tenaga kesehatan di wilayah Kabupaten Barito Utara, masih kurang, sehingga memerlukan penambahan. Hal ini, disampaikan oleh Surian Noor dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit di aula DPRD, Rabu (17/5/2023).

MENURUT ketua Fraksi Demokrat ini, saat ini puskesmas masih mengalami kekurangan, terutama para tenaga perawat. Sementara yang banyak di puskesmas adalah bidan.

Sehingga masalah ini perlu dilakukan penambahan, agar pelayanan di tengah masyarakat dapat berjalan secara maksimal. “Inilah yang kita dapatkan informasi dari warga pada saat reses dan kunjungan kerja,” kata Surian Noor.

BACA: Dinas Kesehatan Barito Utara Laksanakan Pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu

Sementara itu, Nety Herawati juga mempertanyakan realisasi penyebaran tenaga medis belum mendapat data secara konkrit, sehingga belum dapat diketahui secara benar.

Selain itu Neti Herawati juga mempertanyakan masalah keberadaan dokter yang ada di puskesmas, yang ditarik ke rumah sakit. “Apakah ini sudah sesuai untuk yang ditarik untuk memenuhi akreditasi?” tanya Neti Herawati.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh Tiur Maida mengatakan, terkait dengan mahalnya biaya medical check up ditangani dokter spesialis. Hal ini sudah sesuai dan telah memenuhi standard rumah sakit.

Terkait dengan banyaknya pertanyaan masalah kebersihan yang sering dikeluhkan, dan keinginan dikelola oleh pihak ketiga, maka ini memerlukan dana yang sangat besar. Sementara dana yang ada masih kurang.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.