Ilustrasi Pembangunan Kota Banjarbaru Dalam Pagelaran Wayang Kulit Semar Bangun Kayangan

0

PENAMPILAN pentas budaya wayang kulit yang dipersembahkan oleh Ki Dalang Bagong Darmono dari Klaten, sukses pukau masyarakat Banjarbaru, di Lapangan Murdjani, pada Sabtu (14/5/2023) malam. 

BERTEMA Lakon Semar Bangun Kayangan, penampilan wayang kulit tersebut merupakan salah satu bagian dari rangkaian Peringatan Hari Jadi Kota Banjarbaru ke-24. 

Wakil Walikota Banjarbaru  Wartono mengatakan, penampilan wayang kulit bertema lakon Semar Bangun Kayangan merupakan gambaran ilustrasi pembangunan wilayah. “Ilustrasinya menggambarkan Kota Banjarbaru sebagai ibu kota provinsi, maka kami dan walikota serta segenap SKPD  ingin membangun Kota Banjarbaru jadi ilustrasinya Semar Bangun Kayangan,” ringkasnya. 

BACA: Pagelaran Seni Budaya Dayak Meriahkan Hari Jadi Kota Banjarbaru Ke-24

Adapun Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin turut  mengatakan hal serupa, dimana pagelaran wayang kulit ini diadakan yang pertama untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia khususnya di Kota Banjarbaru.

“Pentas Budaya ini juga sebagai media untuk mempersatukan kita semua,” ungkapnya. 

Aditya  berpesan kepada masyarakat yang hadir menonton wayang kulit untuk bisa bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan. “Jadi kalau tahun depan ingin wayangan lagi malam ini harus tertib, situasinya harus aman,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Sheila
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.