Pagelaran Seni Budaya Dayak Meriahkan Hari Jadi Kota Banjarbaru Ke-24

0

SEJUMLAH tokoh perkumpulan Dayak Kalimantan Selatan ikut meriahkan rangkaian Hari Jadi Kota Banjarbaru ke-24, dengan menghelat pagelaran Seni Budaya Dayak Borneo ke-4, di main Atrium Q Mall Banjarbaru, Kamis (11/5/2023).

DIHADIRI dan dibuka secara resmi oleh Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Arifin, pagelaran seni budaya tersebut termasuk dalam Calendar Of Event 2023 Kota Banjarbaru. “Jadi pada hari ini dilaksanakan masih dalam rangka Hari Jadi Kota Banjarbaru ke-24, yang masuk dalam Calendar Of Event 2023 juga yang digelar bertepatan di puncak Perayaan Hari Jadi Kota Banjarbaru, yaitu Borneo In Harmony yang ke empat,” ungkapnya.

Pria yang kerap disapa Ovie ini juga berharap, dengan adanya pagelaran ini bisa mengenalkan budaya-budaya daerah, sekaligus menjadi cara untuk melestarikan budaya yang ada. “Harapannya semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa sekaligus menjadi cara untuk memperkenalkan budaya-budaya, keanekaragaman, ras, suka dan agama di Kota Banjarbaru, dan termasuk juga dalam rangka melestarikan budaya kita,” tuturnya.

“Mudah-mudahan kekayaan dari budaya-budaya ini akan terus terjaga, dan mudahan ini bisa menarik para wisatawan untuk datang ke Kota Banjarbaru,” tandasnya.

BACA: Jaga Warisan Leluhur Dayak Deah, Uma Delis Disematkan Gelar Maestro Sensapi

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Dayak Meratus Benyamin Uhil mengatakan, untuk pagelaran seni budaya dayak ini telah dilaksanakan sebanyak 4 kali. “Pagelaran ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Banjarbaru, yang kebetulan juga masuk dalam Calendar Of Event 2023,” jelasnya.

Uhil juga menjelaskan, tujuan dilaksanakannya pagelaran Seni Budaya Dayak ini untuk menggembangkan seni budaya Dayak yang ada di Kalimantan Selatan. “Tujuannya untuk mengembangkan budaya Dayak dan juga sebagai penunjang parawisata yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya Kota Banjarbaru,” pungkasnya.

Kegiatan ini digelar selama 4 hari dimulai tanggal 11 Mei 2023 sampai dengan 14 Mei 2023, yang dimana pada kegiatan ini turut serta dilaksanakan berbagai macam perlombaan, seperti fashion show baju adat Dayak, manyumpit untuk laki-laki dan perempuan, mewarnai motif Dayak, serta banyak permainan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.