Hari Jadi HSU, Gubernur Kalsel: Semangat Membangun Para Pendahulu HSU Terus Digelorakan

0

PERSEMBAHAN Tari Rampak Sumampai oleh puluhan remaja puteri berbusana merah muda dengan kerudung biru, mengawali prosesi puncak peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Hulu Sungai Utara di Halaman Kantor Bupati setempat, Kota Amuntai,  Kamis (11/5/2023).

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum, Sulkan SH menyampaikan sambutan tertulisnya.

Gubernur berharap, semangat perjuangan para pendahulu dalam membangun Kabupaten HSU dapat diteruskan generasi-generasi selanjutnya.

BACA: Bank Kalsel Gelar Bimtek IBB untuk Kades Lingkup Kabupaten HSU

Beliau pun mengapresiasi upaya pemerintah daerah, yang saat ini dinahkodai oleh Penjabat Bupati, beserta jajaran dan seluruh masyarakat HSU dalam memajukan daerah ini.

Semua pencapaian yang telah diraih menunjukkan tekad dan semangat yang kuat dalam membangun daerah yang lebih maju dan sejahtera.

Diingatkan, Pemkab HSU perlu memastikan bahwa seluruh elemen masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk merasakan manfaat dari pembangunan.

Hal ini penting karena keberhasilan pembangunan sebuah wilayah tidak hanya ditentukan oleh infrastruktur dan ekonomi yang kuat, tetapi kualitas sumber daya manusia yang berkualitas. Ini dapat dilakukan melalui berbagai upaya, seperti peningkatan kualitas pendidikan, pelatihan kerja, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat.

Dan dalam hal ini, pemerintah kabupaten HSU telah berjalan dalam jalur yang baik, yang dapat dilihat dari terus meningkatnya IPM setiap tahunnya.

“Mari kita jadikan peringatan hari jadi ini sebagai momentum untuk melakukan refleksi, mengukur, dan mengevaluasi kembali seluruh capaian pembangunan hingga saat ini, serta menyelaraskan agenda pembangunan yang dengan kebijakan pembangunan, baik yang dijalankan pemerintah provinsi, maupun pemerintah pusat,” pesannya.

BACA JUGA: Dari Survei KPK, Indeks SPI Kabupaten HSU Tahun 2022 Terendah dan HSS Tertinggi di Kalsel

Sementara itu, Pj Bupati Hulu Sungai Utara R Suria Fadliansyah dalam sambutannya mengajak semua pihak di daerahnya, saling bergenggam tangan untuk membangun HSU, sebagai Banua tercinta.

Dikatakan, telah banyak karya anak bangsa yang dihasilkan di HSU dan keberhasilan pembangunan para pendahulu untuk mensejahterakan masyarakat setempat.

Tidak kalah penting, banyak kearifan lokal yang perlu digali dan dibina melalui kerjasama yang baik, mulai kerjasama dengan tingkat kabupaten, provinsi, maupun pusat.

Salah satu kearifan lokal, yakni situs Candi Agung, dan Tapih Sarigading sebagai kain khas daerah. Kearifan lokal ini diharapkan menjadi sumber penghasilan masyarakat HSU.

Acara diakhiri dengan meninjau dan mencicipi makanan khas Banjar di stand ‘Wadai 41’ macam yang disediakan masing-masing SKPD Pemkab HSU.

Turut hadir, para ulama dan pemuka agama, tokoh masyarakat, pejabat Pemprov Kalsel, Ketua dan anggota DPRD Kalsel, Komandan Korem 101 /Antasari, Komandan Lanal Banjarmasin, Komandan Lanud Syamsuddin Noor, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Kepala OJK, Komisaris Bank Kalsel, Ketua dan anggota DPRD HSU, serta unsur Forkopimda.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.