Gapki Kalsel Gelar Diskusi Strategi Pencegahan dan Pengendalian Karhutla di Kalsel

0

GABUNGAN Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Cabang Kalimantan Selatan, menggelar diskusi Strategi Pencegahan dan  Pengendalian Karhutla di Provinsi Kalsel, di Hotel Harper, Jalan S Parman, Banjarmasin, Jumat (12/5/2023).

KETUA Gakpki Kalsel, Eddy S Binti mengatakan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) penting bagi Gapki, sehingga digelarlah diskusi ini dengan mengundang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel dan Direktorat Reserse Kiriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalsel.

“Kesiapan Gapki sendiri sudah menggandeng kelompok tani dan relawan peduli api, hingga Badan Pemadam Kebakaran (BPK) untuk bersama-sama melakukan pencegahan Karhutla,” paparnya.

BACA : Antisipasi Karhutla, H Sahbirin Noor Kukuhkan Pasukan Elang Darat Karhutla

Kasubdit Kesiapsiagaan BPBD Kalsel Ariansyah menyampaikan, potensi kebencanaan dalam musim kemarau tahun 2023 ini mengarah ke fenomena pemanasan suhu muka laut diatas kondisi normal atau yang biasa disebut El Nino.

“Artinya kemarau cukup panjang dan cukup berat, maka potensi-potensi bencana seperti karhutla dan kekeringan juga akan ikut, kami akan konsen kepada dua hal tersebut,” paparnya.

Dikatakannya, salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah melaksanakan rakor kesiapsiagaan di tingkat provinsi dan ditindaklanjuti dengan apel dan simulasi, upaya nyatanya adalah melakukan pembasahan di lahan gambut dan meningkatkan debit air.

BACA JUGA : Warga Jejangkit Kecewa, Perwakilan Julong Group Dilempar Kotak Tisu Saat Pertemuan Di DPRD Kalsel

“Kedepannya kita memohon bantuan kepada BNPB yang bekerjasama dengan Badan Riset dan Informasi terkait tekhnologi modifikasi cuaca (TMC), untuk mengisi embung-embung, bendungan dan lainnya, agar cadangan air cukup dan sirkulasi air pada lahan gambut terjaga, bahkan upaya sosialisasi pembukaan lahan tanpa bakar juga sudah dilakukan,” imbuhnya.

Sementara tim dari Subdit IV Tipidter Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel Andreas mengatakan, terjadinya karhutla biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti faktor alam, kelalaian manusia, bahkan kebiasaan dan kesengajaan.

“Inovasi berupa aplikasi juga sudah dibuat oleh Ditreskrimsus Polda Kalsel yakni Bekantan, dari aplikasi tersebut bisa menatau hot spot titik api, aplikasi ini terintegrasi dengan Mabes Polri dan instansi terkait,” paparnya.

BACA LAGI : Kalimantan Selatan Dan Samar Nasib Moratorium Sawit

Berdasarkan data Polda Kalsel, wilayah-wilayah rawan Karhutla terdapat di enam Kabupaten, yaitu Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, namun tidak menutup kemungkinan di Kabupaten lain.

“Kerjasama dengan pihak perusahaan juga kita lakukan dengan membuat menara pemantau api di daerah-daerah yang rawan terjadinya Karhutla, membuat kanal agar sirkulasi air bisa merata, semoga semuanya masih terjaga agar pemantauan pencegahan Karhutla bisa dilaksanakan lagi,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Iman S
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.