Banjarmasin Siap Transisi Dari Pandemi, Ibnu Sina Ingatkan Untuk Tetap Pertahankan Kebiasaan PHBS

0

STATUS pandemi akan berubah menjadi endemi. Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin tidak akan batasi lagi kegiatan dengan protokol kesehatan lengkap, namun tetap anjurkan perilaku hidup sehat.

DICABUTNYA status siaga pandemi covid-19 oleh World Health Organization (WHO) beberapa waktu lalu, juga mendapatkan tanggapan dari Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina.

“Ini merupakan informasi bagus bagi kita dan juga dunia, dengan dicabutnya status darurat pandemi ini, kita di Banjarmasin sendiri pun sudah melewati ini bersama-sama,” ujarnya saat ditemui di Balaikota Banjarmasin, Selasa (9/5/2023).

Namun setelah dicabutnya ini Ibnu Sina mengingatkan, masih ada beberapa hal yang harus dipertahankan dari masa-masa pandemi itu sendiri. “Seperti saat sakit tetap pakai masker, kemudian kebiasaan mencuci tangan, serta kebiasaan menjaga kesehatan diri dengan perilaku-perilaku kehidupan bersih dan sehat (PHBS),” tuturnya.

BACA: Pandemi Akan Jadi Epidemi, Begini Sikap Pemkot Banjarmasin

“Itu adalah pesan-pesan yang harus kita yang harus kita pertahankan, walaupun pandemi ini akan segera berakhir,” lanjutnya.

Lalu untuk program vaksinasi, ia tetap menganjurkan bagi mereka yang belum melakukannya agar bisa segeranya divaksin, karna program ini masih tetap berjalan hingga saat ini. “Karena jika ingin meningkatkan daya tahan tubuh, silakan lakukan vaksin,” imbaunya.

Dari sini Ibnu Sina juga menjelaskan, bahwa segala macam kegiatan maupun acara nantinya sudah tidak akan ada lagi pembatasan dan segala macamnya. Tetapi, tetap dianjurkan untuk disediakan tempat cuci tangan, serta protokol kesehatan lainnya.

“Sebab ini merupakan hal-hal yang baik, suka tidak suka, maupun diperintahkan atau tidak, itu harus tetap diteruskan karena merupakan kebiasaan yang baik,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.